Apakah anda berencana akan mengambil salah satu sertifikasi VMware ? Apakah anda benar-benar sudah mempersiapkan nya? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips dan trik yang harus anda siapkan agar lulus sertifikasi VMware, baik itu VCA, VCP atau bahkan VCAP.

  • Baca Blueprint yang telah disediakan.

Blueprint merupakan list-list materi yang akan diujikan dalam exam vmware, anda dapat download tiap blueprint disini.

  • Ikuti training yang tepat dan berkaitan dengan ujian, seperti training vsphere ICM kana sangat berguna untuk menghadapi ujian VCP, karena dari VMware pun memang mewajibkan untuk mengikuti training terlebih dahulu.

Kemudian training vSphere Design and Deploy jika anda berniat untuk mengambil ujian sertifikasi yang lebih advanced lagi, seperti vSphere Design and Deploy, walaupun vmware tidak mewajibkan peserta untuk training tersebut sebelum ujian VCAP design and deploy.

  • Mengikuti semua hands on lab yang ada pada training, agar dapat memahami konsep dengan jelas selain teori semata yang ada di course material. Biasanya jika anda mengambil trainig vSphere ICM maka hanya diberikan akses lab selama 5 hari, namun jangan khawatir anda bisa mencoba apa yang anda pelajari di training pada hands on lab vmware disini secara gratis. Dan akan lebih bagus lagi jika anda bisa deploy environment lab training sendiri di laptop atau PC anda.
  • Makan dan istirahat yang cukup

Makan makanan yang sehat dan bernutrisi agar tubuh tetap fit pada saat ujian.

  • Jangan terlalu terpaku pada soal yang tidak anda ketahui jawabanya.

Semua ujian vmware, pasti melalui Pearson Vue Exam Testing Center, disitu terdapat fitur flag, yang dapat menandai/ marking question yang tergolong belum pasti menurut pandangan anda dari pada anda menghabiskan waktu setengah jam di satu soal padahal anda bisa menjawab 5 soal pada waktu yang bersamaan. Sehingga ketika anda sudah selesai menjawab semua soal, anda bisa kembali me-review soal yang anda tandai sebelumnya.

  • Jangan menunda kapan ujian, tapi segera tentukan tanggal ujian.

Anda harus tetapkan satu tanggal kapan ujian dan booking waktu dan tempat exam, jadi jangan menunda-nunda kapan waktu yang tepat 100% untuk sertifikasi, karna sesungguhnya waktu yang kita tetapkan diawal adalah motivator yang sebenarnya.  kita tidak akan pernah tahu kapan diri kita benar-benar 100% siap menjawab semua soal, karna yang akan kita hadapi adalah pass/failed nya suatu exam.

  • Gunakan komunitas yang ada.

Anda harus bisa melihat komunitas yang aktif di daerah masing-masing, contohnya VMUG ID sebagai komunitas vmware user di indonesia bisa saling sharing pengalaman ketika ujian dari orang-orang yang telah professional di vmware, dan communities.vmware.com bisa digunakan untuk tanya jawab jika anda terkendala pada saat riset.

Berikut merupakan resources yang kami sarankan dimiliki untuk mempersiapkan ujian VMware:

– The Slog by Simon Long (http://www.simonlong.co.uk/blog/), berisi VCP material sebagai pendukung selain modul training

– Josh Odgers (www.joshodgers.com), untuk mempersiapkan ujian VCDX karena disana terdapat contoh desain yang bagus.

– The Saffa Geek by Gregg Robertson (www.thesaffageek.co.uk), untuk mempersiapkan ujian VCAP.

– Joshua Andrew’s blog SOSTech (www.sostechblog.com), untuk mempersiapkan ujian VCP dan VCAP karna berisi panduan membangun lab vmware.


Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open SourceVirtualisasiDatabase, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.