Apa itu Program C|CISO?
Certified Chief Information Security adalah sertifikasi pertama dari jenisnya yang mengakui keahlian akumulasi individu dalam mengembangkan dan melaksanakan strategi manajemen keamanan informasi yang selaras dengan tujuan organisasi. C|CISO melengkapi pemimpin keamanan informasi dengan alat bantu yang paling efektif untuk membela organisasi dari serangan cyber. Untuk meningkatkan peran CISO, pengetahuan teknis dan pengalaman yang kuat sekarang lebih penting daripada sebelumnya, namun harus disertai kemampuan berkomunikasi dalam nilai bisnis. CISO memahami bahwa keputusan keamanan informasi mereka seringkali berdampak langsung pada biaya operasional, efisiensi, dan kelincahan organisasi mereka. Seiring organisasi mengenalkan teknologi baru, C|CISO akan mengembangkan dan mengkomunikasikan strategi untuk menghindari potensi risiko yang berasal dari pelaksanaannya terhadap operasi organisasi.

Bagaimana cara mendaftar Ujian CCISO?

Agar memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian CCISO, pelamar harus mengisi Ujian Kelayakan Ujian CCISO yang ada disini. Pengajuan harus dikirim melalui email ke cciso@eccouncil.org. Jika pemohon sedang mencoba ujian tanpa mengikuti pelatihan resmi EC-Council, lima tahun pengalaman di masing-masing dari lima Domain CCISO diperlukan (pengalaman bisa saling tumpang tindih) dan biaya pendaftaran $100 akan pengajuan ini. Jika pemohon mengikuti pelatihan resmi EC-Council, tidak ada biaya pendaftaran dan hanya lima tahun pengalaman di tiga dari lima domain yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di http://ciso.eccouncil.org/cciso-certification/.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses Aplikasi Kelayakan Ujian CCISO?

Waktu pemrosesan berbeda-beda karena sebagian proses melibatkan penjangkauan oleh tim penilai yang ditunjukkan oleh pemohon yang dapat mem-verifikasi pengalaman mereka. Untuk mempercepat proses ini, pemohon dapat membantu tim pengolah dengan mencapai parameter untuk memastikan mereka menerima formulir yang dipersyaratkan dari EC-Council dan memahami apa yang dibutuhkan. Aplikasi dari siswa dalam Pelatihan Resmi EC-Council diprioritaskan dan dipercepat untuk memastikan pengujian dapat terjadi pada saat kelas jika siswa menginginkan.

Apa saja kelima Domain CCISO?

Kelima Domain CCISO adalah:

  • Domain 1: Tata Kelola (Kebijakan, Hukum, dan Kepatuhan)
  • Domain 2: IS Domain dan Manajemen Audit
  • Domain 3: Pengelolaan Proyek, Teknologi, dan Operasi
  • Domain 4: Konsep Inti Keamanan Informasi
  • Domain 5: Perencanaan Strategis dan Keuangan

Lima tahun pengalaman dibutuhkan di masing-masing dari lima Domain CCISO (belajar mandiri). Apakah itu berarti 25 tahun pengalaman diperlukan?

Tidak! Dalam sebagian besar pekerjaan manajemen keamanan informasi tingkat tinggi, masing-masing dari 5 Domain CCISO adalah bagian dari keseharian. Lima tahun bisa dan biasanya tumpang tindih (paralel/overlap).

Bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman lima tahun di tiga dari lima domain CCISO? Apakah itu berarti saya tidak bisa mengikuti pelatihan CCISO?

Tidak! Jika Anda tidak memenuhi persyaratan minimum untuk Ujian CCISO, itu tidak berarti Anda tidak dapat mengikuti pelatihan. Siapa pun bisa mengikuti kursus CCISO, tapi hanya mereka yang memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian CCISO yang akan mengeluarkan voucher ujian. Siswa yang tidak memiliki tahun yang dibutuhkan dapat mengikuti ujian EC-Council Information Security Manager (EISM) setelah mengikuti pelatihan CCISO.

Apa itu program EC-Council Information Security Manager (EISM)?

Program EISM memungkinkan siswa yang belum memenuhi syarat untuk mengikuti ujian CCISO untuk mengikuti kursus pelatihan dan mendapatkan sertifikasi EC-Council. EISM mungkin mendaftar untuk Ujian CCISO setelah mereka memperoleh pengalaman selama bertahun-tahun. Biaya aplikasi kelayakan dibebaskan dan EISM akan menerima diskon 50% dari harga Ujian CCISO normal.

Bagaimana saya tahu jika C|CISO adalah untuk saya?

C|CISO adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan karir Anda jika Anda:

  • Bercita-cita untuk meraih gelar tertinggi dalam profesi keamanan informasi – CISO
  • Sudah bekerja sebagai CISO resmi
  • Atau sudah melakukan fungsi CISO di organisasi mereka tanpa gelar resmi

 

Saya seorang manajer SDM. Mengapa saya harus merekrut C|CISO?

C|CISO akan memberi Anda jaminan bahwa profesional bersertifikat memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berisiko terhadap keberhasilan operasi organisasi Anda dan mengembangkan dan menerapkan pengamanan teknis, operasional, dan prosedur untuk mengelola faktor-faktor risiko tersebut. C|CISO adalah kekuatan kepemimpinan yang akan melindungi organisasi Anda dari pelanggaran keamanan yang tidak diinginkan dan kerugian keamanan yang berdampak besar dengan merancang program keamanan informasi dan memimpin tim profesional keamanan informasi.


Inovasi Informatika Indonesia (i3) merupakan authorize partner EC-Council yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang keamanan (security), mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Info lebih lengkap tentang training yang tersedia di i3 dapat dibaca disini atau hubungi langsung tim sales kami.