Salah satu best practice untuk mem-backup VMs yang ada di server virtualization anda tersedia jika anda membeli license VMware versi 6.0, baik itu yang standard ataupun yang sudah high level seperti vSOM enterprise plus, itu semua sebenarnya sudah dilengkapi dengan satu tools untuk backup and recovery yang disebut VDP (VMware vSphere Data Protection).

Tools ini dapat memberikan keamanan kepada VMs anda apabila sewaktu-waktu VMs anda crash ataupun bermasalah pada aplikasi sehingga perlu recovery. Bahkan dapat recovery OS files yang bermasalah.

  • Image Level Files

VDP berkomunikasi dengan vCenter Server untuk membuat snapshot VM .vmdk files

  • Guest Level Backup

VDP support guest level backup untuk Microsoft SQL Server, Exchange Server, dan Share point server karena agent VDP ada di setiap server tersebut.

Untuk lebih jelasnya dapat diikuti langkah-langkah berikut untuk konfigurasi VDP:

  1. Deploy OVF Template via vSphere Web Client
  2. Masuk ke https://ip_of_vdp:8543/vdp-configure dan ikuti wizard yang ada
  3. Setelah itu, icon VDP akan muncul pada vSphere Web ClientVDP
  4. Buat backup job dengan klik icon VDP

VDP2
5. Kemudian akan muncul pilihan apakah kita ingin backup aplikasi atau guest level image

VDP36. Pilihan selanjutnya adalah apakah full back up images yang berarti VDP membackup semua VMs files ke disk VDP ataukah Individual disk, yang berarti hanya VM disk saja yang diback up.

VDP4

7. Langkah selanjutnya adalah pemilihan VMs yang akan di-backup dari Datacenter.

VDP5

8. Setelah itu, lakukan backup scheduling untuk memastikan seberapa sering VDP akan membackup VMs yang telah dipilih sebelumnya. Contoh kali ini daily, sehingga tiap hari VMs tersebut akan di backup oleh VDP.

VDP6

9. Kemudian harus ditentukan juga retention policy, untuk mengetahui sampai kapan VMs backup akan disimpan dalam system VDP

VDP7

10. Setelah itu, berikan nama backup job VMs agar dapat dibedakan dengan backup job yang lainnya.

VDP8

11. Setelah membuat backup job, klik Finished. Pada tab Configuration VDP, dapat dikonfigurasi “Backup Window”. Jika default, maka VDP akan memback-up VMs yang anda pilih start pada pukul 8.00 PM (after office hours).

Semoga bermanfaat.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id