Apa itu Bash Shell dan bagaimana cara penggunannya ? Tentunya itu pertanyaan yang akan langsung terlintas di benak anda saat membaca judul diatas. Sebelum membahas tentang cara membuat file konfigurasi dalam bentuk shell script, disini kita akan membahas sedikit mengenai Shell. Shell disini bukan lah tentang salah satu brand bahan bakar ternama, shell dimaksud adalah sebuah program atau bisa dikatakan penerjemah perintah yang menjembatani antara user dengan sistem operasi atau dalam hal ini kernel yang bertindak sebagai inti sistem operasi.

Biasanya shell menyediakan prompt sebagai user interface yang merupakan tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell atau command, perintah eksekusi suatu file, dan juga shell memungkinkan user untuk menyusun sekumpulan perintah pada suatu file yang nantinya dieksekusi sebagai program.

Pada sistem operasi linux  dilengkapi oleh banyak shell dengan kumpulan perintah yang sangat banyak, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih shell mana yang paling baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya, atau dapat pula berpindah-pindah dari shell yang satu ke shell yang lain dengan mudah. Berikut beberapa shell yang ada di linux :

  • Bourne shell(sh),
  • C shell(csh),
  • Korn shell(ksh),
  • Bourne again shell(bash)

Salah satu shell yang akan kita gunakan adalah Bash Shell dari GNU, dimana merupakan pengembangan dari Bourne shell yang mengambil beberapa fitur dari C shell serta Korn shell. Bash shell merupakan salah satu shell yang cukup banyak digunakan pemakai linux karena kemudahan serta banyaknya fasilitas pada perintah yang disediakan.

Pada penerapan kali ini kita akan membuat sebuah file konfigurasi dalam bentuk bash shell yang akan mengeksekusi beberapa perintah yang telah kita tambahkan ke file tersebut. Berikut langkah – langkahnya :

  1. buat sebuah file dengan nama “konfig” menggunakan text editor seperti nano, vim, sublime, dsb.
  2. Masukkan baris perintah seperti contoh berikut :

#!/bin/bash

echo “install telepot”

sudo apt-get install pip

sudo pip install telepot

sudo pip install telepot –upgrade

echo “update aplikasi”

sudo apt-get update

echo “upgrade aplikasi”

sudo apt-get upgrade -y

echo “dist upgrade aplikasi”

sudo apt-get dist-upgrade -y

  1. Beri hak untuk eksekusi pada file tersebut menggunakan perintah berikut:

chmod a+x  konfig

  1. Jalankan file tersebut menggunakan perintah berikut:

./konfig

Perintah diatas berfungsi untuk melakukan instalasi aplikasi pip dan telegram-bot-api, dimana setelah proses instalasi selesai sistem akan langsung melakukan update dan upgrade aplikasi. Sekian tutorial cara membuat kofigurasi file menggunakan Bash Shell, semoga bermanfaat.


Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open SourceVirtualisasiDatabase, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.