Pernahkah Anda membuka halaman web yang membutuhkan akun Facebook jika anda ingin mengakses halamannya? Contohnya seperti “lihat wajah anda di usia 60”, jika anda pernah, maka kemungkinan besar web tersebut sudah mendapat akses ke akun anda.

Lalu pernahkah Anda membuka halaman Facebook sambil membuka halaman lain? Pastinya pernah. Konon Facebook memata-matai dan mempelajari situs-situs lain yang Anda akses, salah satunya agar mempermudah dalam menawari Anda iklan.

Lalu Bagaimana Solusiya?

Mozilla baru saja meluncurkan ekstensi untuk browser Firefox-nya yang mempersulit Facebook untuk melacak aktivitas pengguna web. Ekstensi Facebook Container pada dasarnya menyembunyikan identitas Facebook pengguna ketika mereka menjelajahi situs web lain. Ini menciptakan tab browser berwarna biru yang mengisolasi sesi Facebook dari aktivitas lain pengguna di browser. Karena fitur baru ini, Facebook tidak akan dapat mengumpulkan data dari situs yang Anda kunjungi  atau menargetkan Anda dengan iklan-iklan yang berkaitan dengan apa yang Anda akses.

Keputusan itu mengikuti skandal kontroversi Cambridge Analytica di mana konsultasi politik diduga memperoleh akses tidak pantas ke data pada 50 juta pengguna Facebook untuk berpotensi menguntungkan kampanye presiden Trump. Akibatnya, Mozilla menangguhkan iklan di platform Facebook karena kekhawatiran privasi data. Sementara itu, dengan ekstensi Kontainer baru, Mozilla mengatakan bahwa “tidak akan mengumpulkan data dari penggunaan Anda atas ekstensi Kontainer Facebook yang digunakan. Kami hanya tahu berapa kali ekstensi dipasang atau dihapus.”

Figure 1 firefox setelah terinstall facebook container

Setelah Anda memasang ekstensi Kontainer Facebook, dia akan menghapus cookie Facebook Anda dan mengeluarkan Anda dari platform. Sekarang, ketika Anda mengunjungi Facebook, situs web dibuka di tab peramban berwarna Biru yang baru atau tab “penampung”. Di sini Anda dapat masuk ke Facebook secara normal. Setelah Anda mengklik tautan non-Facebook atau menavigasi ke situs web non-Facebook di bilah URL, halaman dimuat di tab lain. Namun, jika Anda mengklik tombol Bagikan Facebook di tab lain, itu akan memuatnya dalam tab penampung Facebook.

Khususnya, jika Anda menggunakan akun Facebook untuk masuk, seperti posting, atau komentar di situs web eksternal, Anda tidak akan dapat melakukannya jika Anda memasang ekstensi Kontainer Facebook. Mozilla mengatakan dalam posting blog, “Ini mencegah Facebook mengaitkan informasi tentang aktivitas Anda di situs web di luar Facebook dengan identitas Facebook Anda.” Ia menambahkan, “Jadi mungkin terlihat berbeda dari apa yang biasa Anda lihat.”

Pada akhirnya Anda sendirilah yang menentukan, apakah akan terus menggunakan akan terus menggunakan Facebook atau tidak, Facebook hanyalah satu dari sekian banyak perusahaan besar yang mengambil data-data Anda melalui layanan yang mereka sediakan, maka jadilah pengguna yang cerdas.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari EC-Council yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang keamanan (security), mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance. CSCU adalah salah satu tingkat sertifikasi dari lembaga sertifikasi security EC-Council yang ada di tingkat fundamental dan sangat cocok bagi user yang sering berhubungan dengan komputer dan gadget, disini juga cukup banyak dibahas perihal awareness dalam menggunakan sosial media. Untuk info training dan sertifikasi lebih lanjut dapat dibaca disini.