oracle-vs-google

oracle vs google

Google telah menang di pengadilan melawan Oracle.

Putusan itu baru saja diturunkan kamis lalu.Juri Federal memutuskan bahwa Google menggunakan kode yang disengketakan secara “fair use” atau dinyatakan sebagai penggunaan yang wajar. Keputusan bulat tersebut dibuat oleh 10 orang juri setelah sidang dijalankan selama dua minggu.

Oracle berusaha menuntut Google miliaran dolar. Oracle menggugat Google karena Google mengimplentasikan bagian dari kode komputer yang disebut “antarmuka pemrograman aplikasi” atau “API” di Android yang berasal dari bahasa pemrograman Java milik Oracle. Java sekarang memang milik Oracle, diperolehnya ketika membeli Sun Microsystems. API memungkinkan program komputer untuk berbicara satu sama lain dan berbagi informasi. Google diketahui menggunakan 37 API dari Java, atau sekitar 11.000 baris kode, dari sekitar 5 juta baris kode Android.

Google tidak mengambil seluruh API, tetapi menggunakan nama dan operasi yang sama, kemudian menulis kode sendiri untuk melaksanakan fungsi tersebut.

Titik pertahanan utama Google adalah: Sun memberi Java secara gratis bagi siapa saja untuk digunakan, termasuk API didalamnya. Google memanggil Jonathan Schwartz sebagai saksi, mantan CEO dari Sun. Dia bersaksi bahwa Google memang bebas untuk menggunakan API Java.

Oracle mengatakan akan mengajukan banding. Jadi kasus ini masih belum berakhir. Dan satu hal yang perlu diingat, Oracle memenangkan fase terakhir dari kasus banding sebelumnya.

penasihat umum Oracle Dorian Daley mengirimkan pernyataan ini:

Kami sangat percaya bahwa Google mengembangkan Android secara ilegal dengan menyalin teknologi inti Java untuk dimasukkan ke pasar perangkat mobile. Oracle membawa gugatan ini untuk menghentikan perilaku ilegal Google. Kami percaya ada banyak alasan untuk banding dan kami berencana untuk membawa kasus ini kembali ke Federal Circuit untuk melakukan banding.

Sementara itu, Google jelas senang. Seorang juru bicara Google mengirimkan pernyataan ini:

Putusan hari ini bahwa Android menggunakan fair use dari API Java merupakan kemenangan untuk ekosistem Android, untuk komunitas pemrograman Java, dan untuk pengembang perangkat lunak yang mengandalkan bahasa pemrograman terbuka dan bebas untuk membangun produk konsumen inovatif

Seluruh industri perangkat lunak fokus pada kasus ini karena takut akan dampaknya. Jika Oracle akhirnya menang, bisa memicu banyak tuntutan hukum lainnya atas API.
Jika Google menang, maka industri perangkat lunak akan bernapas lega.