EnterpriseDB Postgres Plus Advanced Server (PPAS) menyediakan kemudahan implementasi dan eksekusi aplikasi yang sebelumnya berasal dari database Oracle dan PostgreSQL. Hal itu karena EnterpriseDB PPAS memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai database PostgreSQL ataupun like-Oracle. Konfigurasi untuk memposisikan behavior PostgreSQL ataupun Oracle di EnterpriseDB dilakukan di file postgresql.conf. Ada empat parameter yang dapat di setting sesuai kebutuhan :

1. edb_redwood_date

Jika kita set edb_redwood_date bernilai TRUE maka format date yang digunakan adalah Oracle, namun apabila di set FALSE maka yang berlaku adalah format date PostgreSQL. Apa bedanya dilihat dari sisi database? Format date yang ada di PostgreSQL hanya menyimpan nilai date di column tanpa komponen waktu, sementara dengan Oracle compatibility, date dan komponen waktu keduanya akan di store ke database.

2. edb_redwood_string

Oracle akan tetap menampilkan string yang bernilai null ataupun column yang null, sementara PostgreSQL tidak akan menampilkan string null ataupun column null. Hal tersebut akan terlihat jelas dengan menyimak praktik di bawah ini :

  • Berikut menggunakan database edbstore yang mana terdapat sebuah table bernama “emp”
  • Jika edb_redwood_string bernilai False, yang artinya mengaktifkan PostgreSQL mode maka hasilnya akan seperti berikut ini

  • Jika edb_redwood_string bernilai True, yang artinya mengaktifkan Oracle Compatibility mode maka hasilnya akan seperti berikut ini

3. edb_stmt_level_tx

Di Oracle saat terjadi kegagalan oleh SQL command, sementara SQL command memiliki sederet perintah maka tidak semua perintah akan di rollback, hanya perintah yang gagal di commit. Jika di PostgreSQL mode, maka keseluruhan perintah yang sebelumnya berhasil di commit akan di roleback. Berikut adalah study case agar lebih mudah dipahami :

  • Jika menggunakan mode PostgreSQL

Setelah database di commit yang akan terjadi adalah proses rollback dan data yang harusnya berhasil di insert pun di rollback juga

  • Jika menggunakan mode Oracle Compatibility

Hasilnya berbeda dengan mode PostgreSQL, saat kita mengaktifkan edb_stmt_level_tx maka proses insert yang harusnya berhasil akan tetap di commit.

4. oracle_home

EnterpriseDB menyediakan fitur untuk tetap dapat menggunakan database link oracle, yaitu oracle_home yang harus di-config di postgresql.conf. Setelah itu PPAS harus di restart untuk dapat menerapkan perubahan di postgresql.conf

Inovasi Informatika Indonesia (i3) merupakan partner dari EnterpriseDB yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang database, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.