Pada tanggal 17 april 2018 kemaren, VMware telah memperkenalkan vCenter Server 6.7 yang memiliki beberapa enhancement dari berbagai sisi dari vsphere sebelumnya seperti yang tertera pada link berikut https://blogs.vmware.com/vsphere/2018/04/introducing-vcenter-server-6-7.html

Namun apakah anda telah mngetahui bagaimana HA (High Availability) pada vCenter Server ? pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana HA pada vCenter bekerja.

Sebenarnya, konfigurasi High Availability vcenter ini bertujuan untuk melindungi vCenter server kita (availability dan redudancy) dari beberapa faktor kegagalan pada vcenter server seperti hardware/host failure, storage failures, network failures dan services/os failures. Padahal kita sebagai system admin harus memikirkan backup dari appliance anda.

Pertama, kita harus memastikan beberapa persyaratan sebelum implementasi HA pada vCenter, yang pertama, pada virtual switch atau distributred switch harus dibuat port group khusus untuk handle traffic vCenter HA. Dan yang kedua, harus network vCenter antara node (active, passive dan witness) minimal 10ms dan wajib enable SSH pada setiap node VCSA.

Berikut merupakan opsi HA pada deployment vCenter:

  1. Deploy active node dengan embedded PSC (Platform Service Controller). Sehingga nanti akan dilakukan proses cloning PSC dari active ke passive dan ketika proses failover berlangsung, maka PSC yang di passive node akan diupdate dan digunakan.
  2. Deploy vcenter paling tidak ada 2 PSC instance (external PSC) dan diletakan di bawah loadbalancer. Sehingga nanti ketika failover dari active node ke passive node, passive node akan pointing ke load balancer. Dan ketika salah satu PSC mati, maka load balancer akan pointing ke PSC yang lainnya.

Sedangkan opsi untuk konfigurasi HA pada vCenter server adalah sebagai berikut:-

  • Basic
    Skenario pada konfigurasi ini adalah melakukan cloning dari active node ke passive node dan witness mode secara otomatis.
    Kita bisa menggunakan opsi konfigurasi ini jika environment kita:
    1. Menggunakan vcenter appliance yang akan menjadi active node memanage ESXi host dan vm (self-managed vcenter server) atau dalam kata lainnya menggunakan embedded PSC and vCenter.
    2. Jika menggunakan external PSC dan vCSA.
  • Advanced

    1. Pada konfigurasi ini menawarkan opsi yang lebih flexible sehingga kita bebas melakukan konfigurasi.

    Berikut adalah langkah-langkah untuk implement HA pada vCenter Appliance:
    1. Klik object vCenter di list inventory, klik Kanan dan pilih vCenter HA settings

2. Kemudian, akan muncul tampilan sebagai berikut dan klik Configure

3. Pilih opsi konfigurasi apakah Basic atau Advanced sesuai konfigurasi vcenter anda:

4. Kemudian masukan IP untuk HA Network pada active vcenter appliance anda.

5. Kemudian, kita pilih port group vcsa network yang telah kita buat sebelumnya pada virtual switch atau distrubuted virtual switch

6. Langkah selanjutnya adalah kita masukan IP baru untuk Passive dan Witness node

7. Setelah itu, kita akan mendapatkan beberapa warning tentang meletakan primary vcenter appliance dan secondary appliance pada satu datacenter, karna
best practice nya adalah pada datasote yang berbeda untuk menghindari hardware fail pada datastore, namun untuk testing, kita bisa lanjut ke tahap lain:

8. Terakhir kita bisa review IP untuk active dan passive node yang telah kita masukan sebelumnya

Setelah klik Finish, maka vcenter akan membuat vcenter passive dan witness karna kita memilih opsi basic pada awal konfigurasi dan akan failover ke passive jika active mengalami failed.

 Demikian cara konfigurasi HA pada vsphere 6.7, semoga bermanfaat

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari Redhat  dan VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang cloud dan Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source , Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.