Berangkat dari kebutuhan customer akan EDB Postgres Plus Advanced Server, beberapa user butuh untuk melakukan migrasi dari database existing. Salah satu keistimewaan EDB Postgres Plus Advanced Server adalah dapat melakukan direct migration dengan menggunakan tools yang dimilikinya.

Berikut adalah database yang dapat dimigrasi secara langsung ke EDB:

  1. Oracle
  2. SQL Server
  3. MySQL

migration-to-enterprisedb-postgres-plus-advanced-server

Selain ketiga database diatas, kita juga bisa melakukan migrasi dari Sybase, PostgreSQL, ataupun sesama EDB Postgres Plus Advanced Server.

Adapun berikut ini adalah runtutan proses migrasi yang harus dilakukan:

  1. Install tools yang akan digunakan untuk migrasi. Tools ini bernama migration toolkit dan bisa kita install melalui Stackbuilder. Stackbuilder adalah adds on dari EDB untuk mempermudah user menginstall tools EDB. Tools update dari edb dapat langsung di download melalui Stackbuilder ini. Jika Anda ingin mendapatkan informasi setiap kali ada update tools di Stackbuilder.
  2. Set detail database asal dan tujuan di konfigurasi tools migrasi yang ada. Detail dari alamat database asal dan tujuan terdapat di toolkit.properties.
  3. Assessment database eksisting untuk mengetahui kompatibilitas database eksisting dengan EDB Postgres Plus Advanced Server. Cek artikel berikut.
  4. Pastikan Schema sudah didefinisikan sebelum melakukan pemindahan data.
  5. Pindahkan data dengan menggunakan tools untuk migrasi. Windows dan Linux memiliki cara yang berbeda untuk menjalankannya.
  6. Cek result, apakah terdapat isu yang harus diselesaikan secara manual? Jika iya, maka selesaikan secara manual. Anda dapat mengecek di log migrasi.
  7. Hubungkan database dengan aplikasi existing.
  8. Testing system performance, dan tuning database untuk memastikan semua sudah berhasil.

Semua proses di atas akan sangat membantu Anda sebagai tahapan prosedural sehingga hasil migrasi maksimal. Kami menyediakan solusi mulai dari installasi, migrasi, konfigurasi, tuning dan solving problem database EnterpriseDB Postgres Plus Advanced Server. Kami siap membantu Anda untuk mendapatkan solusi service yang terbaik. Jika Anda tertarik, feel free untuk menghubungi kami di info@i-3.co.id atau via online chat.