SOA merupakan sebuah konsep, arsitektur atau pendekatan terhadap sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan transaksi data antar aplikasi yang direpresentasikan ke bentuk webservice. Sehingga fungsi dari SOA tidak hanya sekedar membuat webservice tetapi dapat memberikan solusi terhadap permasalahan dengan tingkat kompleksitas yang relatif tinggi. SOA tidak tergantung pada satu jenis teknologi atau metodologi saja. SOA bisa diimplementasi dengan berbagai teknik dan teknologi.

 

Gambar diatas merupakan perbandingan integrasi antar aplikasi pada sistem yang belum dan yang sudah mengimplementasikan SOA. Dapat dilihat bahwa dengan adanya SOA pada suatu sistem dapat menyederhanakan kompleksitas integrasi antar aplikasi dimana SOA berfungsi sebagai penyedia layanan untuk memenuhi kebutuhan transaksi data antar aplikasi.

Berikut ini merupakan kelebihan dari SOA:

  • Service Reusability
    Pada SOA, sebuah aplikasi di bangun dengan menggabungkan beberapa service dan fungsi kecil, independen dan bebas (loosely coupled) dari sisi fungsionalitas. Dengan demikian service-service dapat digunakan kembali pada beberapa aplikasi independen dari interaksinya dengan service-service yang lain.
  • Easy Maintainability
    Karena setiap service merupakan entitas yang independen, maka setiap service dapat di perbaharui dan di kelola dengan mudah tanpa harus menkhawatirkan service yang lain. Artinya sebuah aplikasi yang besar dan kompleks dapat dengan mudah dikelola dengan baik.
  • Greater Reliability
    Aplikasi yang berbasis SOA lebih reliable, karena service-service yang kecil dan independen lebih mudah untuk dilakukan pengetesan dan di debug, dibandingkan dengan potongan-potongan besar dari kode-kode pada aplikasi non-SOA.
  • Location Independence
    Service-service biasanya di publish pada sebuah direktori dimana semua consumer dapat melihatnya. Pendekatan ini memberi keleluasaan dari sebuah service untuk merubah lokasinya setiap saat. Bagaimanapun, consumer akan selalu dapat menemukan service yang diinginkannya melalui pencarian pada direktori yang dimaksud di atas.
  • Improved Scalability and Availability
    Beberapa proses dari sebuah service dapat berjalan pada beberapa server berbeda pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat meningkatkan scalability dan availability dari service tersebut.
  • Improved Software Quality
    Karena sebuah service dapat digunakan kembali, tidak akan ditemukan fungsi-fungsi yang redundan. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan akibat inkonsistensi data, dengan demikian akan meningkatkan kualitas dari software tersebut.
  • Platform Independence
    SOA memfasilitasi pengembangan dari sebuah produk yang kompleks dengan mengintegrasikan beberapa produk dari vendor-vendor independent yang berbeda, baik dari sisi platform maupun teknologi yang digunakan.
  • Increased Productivity
    Para developerdapat menggunakan kembali aplikasi-aplikasi legacydan membangun fungsi-fungsi tambahan tanpa harus mengembangkan semua hal dari awal. Situasi ini meningkatkan productivitydari para developer. Dan pada saat bersamaan akan mengurangi biaya pengembangan dari sebuah aplikasi secara substansial.

Oracle SOA Suite merupakan salah satu produk unggulan Oracle yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan integrasi point-to-point antar aplikasi pada suatu sistem. Semua hal yang terkait dengan prinsip SOA sudah terdapat di dalam produk Oracle SOA Suite. Oracle SOA Suite memfasilitasi penggunanya untuk dapat mendesign dan membuat webservice atau Application Programming Interface (API). Webservice yang dibuat nantinya akan bersifat independen sehingga webservice dapat dikonsumsi oleh semua aplikasi tanpa mempermasalahkan bahasa pemograman atau bahkan sistem operasi yang digunakan.

Berikut beberapa keunggulan dari Oracle SOA Suite

  • Cloud Adapter
    Selain untuk membuat webservice, menggabungkan beberapa webservice untuk membuat webservice baru dengan tujuan yang berbeda, Oracle SOA juga menyediakan konektivitas berupa adapter. Oracle SOA sangat memperhatikan komunikasi dengan sistem luar, oleh karena itu disediakan   beberapa adapter yang mengacu ke kondisi pasar saat ini

 

Gambar diatas merupakan pembaharuan adapter pada Oracle SOA versi terbaru. Dapat dilihat bahwa sangat banyak penambahan adapter yang dapat menunjang kebutuhan integrasi aplikasi pada masa sekarang ini.

  • Mobile Integration

Oracle SOA memudahkan komunikasi antara aplikasi enterprise dengan perangkat mobile. Pada Oracle SOA versi terbaru telah dilakukan pengembangan terkait dengan komunikasi antara aplikasi bisnis dengan perangkat mobile dengan menggunakan webservice REST API dan JSON. Sehinga data dan layanan yang dibutuhkan dapat di kirim dengan waktu yang relatif cepat dikarenakan.

  • Internet of Things

Oracle SOA dapat menghubungkan IoT dengan aplikasi enterprise. Pada Oracle SOA terdapat Oracle Event Processing (OEP), bagian yang dapat menangani pesan hingga jutaan per detik pada latensi yang sangat rendah sehingga menjadikannya ideal sebagai solusi untuk melakukan penyaringan secara real-time, geo-lokasi, dan pencocokan pola pada data masif yang dihasilkan oleh  IoT “smart” devices.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id