Ada 2 cara untuk mengaktifkan HA pada VCSA:

  • Basic – hanya membutuhkan informasi yang sedikit untuk mengaktifkan HA VCSA 6.5 seperti IP, kemudian jika anda memiliki active-passive VCSA, maka system akan membuat rules affinity dan anti-affinity, eth1 vNIC interface otomatis by system. Namun hanya satu hal yang perlu dipersiapkan, yaitu membuat HA network.
  • Advanced– sedikit lebih kompleks. Anda harus cloning VM (active, passive and witness) secara manual, menyediakan IP, namun kelebihan advanced workflow ini ini agar kita dapat menempatkan VM ke Data center lain atau site lain dengan SSO Domain yang berbeda.

 

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai advanced configuration HA pada VCSA 6.5

Step 1: Create vSphere HA Network (step ini perlu dilakukan pada Simple atau Advanced Configuration). Tergantung apakah anda menggunakan Distributed Switch atau tidak. Namun pada artikel ini menggunakan standard vSwitch.

Open vSphere web client dan Select host > Configure > Networking > Virtual switches > Add Host Networking > VM Port group for standard switch > Select an Existing Standard Switch as a target device > Connection label and VLAN ID (Optional): 2

Jika anda menggunakan standard switch, anda harus melakukan semua langkah-langkah diatas untuk semua hosts di management cluster atau di cluster dimana anda ingin menempatkan 3 nodes vCenter tersebut nantinya sehingga mereka dapat berkomunikasi pada jaringan tersebut.

Step 2: Tambahkan vNIC yang baru ke VCSA 6.5 VM Appliances yang pertama

Ketika anda menjalankan VM Appliance tersebut, anda akan menerima message yang menyatakan “vCenter HA Cluster network interface (NIC1) on the guest OS id down.” Jadi sebelumnya kita harus memastikan agar NIC Cluster yang ditambahkan tersebut dalam kondisi up.

Untuk mengaktifkan status NIC ini, bisa dengan SSH session (via Putty), login ke VM VCSA dan ketik:

shell

kemudian

ifconfig eth1 up

Kemudian jika anda check via PSC UI Appliance management, anda akan menemukan kedua NIC Adapter dalam kondisi up.

Cara lain untuk mengaktifkan status adapternya adalah dengan menggunakan PSC appliance dan konfigurasi NIC yang kedua. Ketika validasi, NIC akan muncul secara otomatis. Yang harus digaris bawahi adalah jangan masukan gateway pada NIC yang kedua ini, karena VCSA tidak support 2 gateway.

Sehingga hasil akhir akan terlihat seperti berikut. Kedua NICs memiliki status up dan dikonfigurasi dengan IP statis.

Start vcsa yang akan dikonfigurasi untuk vCenter HA. Setelah anda login ke vsphere web client, pilih vCenter server > klik kanan > vCenter HA Settings

Pada laman selanjutnya, pilih Advanced option.

Kemudian masukkan alamat IP untuk Passive node dan Witness node.

Pada sesi advanced ini mengizinkan anda untuk menentukan pilihan advanced override untuk management NIC (NIC0).

System VCSA mengetahui apa yang anda masukan dan mencoba mengoreksi error yang terjadi. Berikut adalah contoh jika anda lupa untuk menambahkan NIC yang kedua, sehingga system mendeteksi hal itu.

Step 3: Anda akan cloning VM secara manual, jika tidak system VCSA tidak akan bisa dilanjutkan.

Pada umumnya, anda harus mempersiapkan sebuah template customized yang akan digunakan selama operasi cloning.

dan kemudian selama proses cloning, anda akan melihat tampilan berikut

Kemudian, review page seperti berikut

Kemudian ulangi proses cloning untuk witness. Dan juga yang dibutuhkan adalah affinity dan anti-affinity rules apabila DRS diaktifkan pada cluster anda. Dan pada akhirnya seharusnya proses anda berakhir seperti tampilan diatas, dimana anda memiliki satu appliance dengan active role, dan satu dengan Passive role dan satu appliance dengan Witness role.

Sama seperti simple config, pada tampilan ini anda dapat initate failover secara manual dengan menggunakan tombol Initiate Failover.

Anda akan memiliki pilihan untuk failover, dimana passive node akan dipromosikan sebagai Active node.

Namun, anda harus menunggu sekitaran 5 menit sebelum web client menjadi available sebagaimana selama proses failover semua service-service telah started pada passive node.

Klik vCenter HA monitoring link dan anda mampu untuk menemukan informasi tambahan tentang sync proses jika ada.

Itulah langkah-langkah untuk active-passive VCSA.

Proses ini merupakan Disaster Recovery Scenario yang memproteksi VCSA 6.5. Jika anda kehilangan koneksi ke storage, maka passive node akan takes over (jika passive node ini berada pada another storage). Namun hal ini memakan banyak RAM hingga 33 GB RAM minimal untuk activepassive ini.

Semoga bermanfaat.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.