Pada tahun 2010, OpenStack diluncurkan oleh Rackspace dan NASA, sebuah kerjasama di bidang open source berupa rancangan inisiatif cloud software yang memberikan perusahaan kemampuan melakukan cloud computing yang mampu berjalan pada hardware standar. Bermulai dari situlah banyak perusahaan besar IT menjadi sponsor atas inisiatif ini.

Red Hat merupakan kontributor utama pada proyek OpenStack. Dengan menggunakan Openstack perkembangan IT yang sangat cepat dapat dipenuhi baik di bidang performa, skalabilitas, dan standar keamanan. Tetapi tidak semua OpenStack mampu memenuhi  kebutuhan perusahaan tetapi dengan Red Hat OpenStack Platform mampu memenuhi harapan anda.

Kendala yang banyak diterima oleh para perusahaan untuk pengembangan atau implementasi OpenStack ke dalam perusahaan mereka adalah kurangnya kemampuan di bidang tersebut. Dan selain penyedia solusi berupa Red Hat OpenStack Platform, Red Hat juga memberikan solusi training di bidang ini.

Dengan ujian yang semua hands-on, tidak ada essay, pilihan ganda ataupun pilihan benar atau salah. Seseorang dinyatakan lulus ujian Red Hat apabila memenuhi kriteria yang harus dipenuhi. Dengan memiliki sertifikat Red Hat sudah memberikan jaminan bahwa orang tersebut tidak hanya mengetahui, tetapi sudah mengerjakannya secara langsung.

Tapi sebelum mengikuti Training OpenStack terdapat beberapa requirement yang perlu dipenuhi yakni mempunyai kemampuan dasar di bidang linux atau sudah mempunyai sertifikat RHCSA (Red Hat Certified System Administration). Setelah memenuhi persyaratan tersebut, berikut ini list training yang bisa diambil berserta sertifikasinya:

  1. Red Hat OpenStack Administrator I ( CL110 )

Materi yang diajarkan pada training ini adalah  bagaimana cara menginstall, mengkonfigurasi, menggunakan dan memelihara Red Hat OpenStack Platform.

  1. Red Hat OpenStack Administrator II ( CL210 )

Materi yang diajarkan pada training ini  adalah bagaimana cara menginstall, mengkonfigurasi, dan memelihara environment dari Cloud Computing menggunakan Red Hat OpenStack Platform.

Dan setelah mengikuti training Red Hat OpenStack Administration I serta II dapat mengikuti sertifikasi ujian Red Hat Certified System Administrator (RHCSA) di Red Hat Openstack (EX210).

  1. Red Hat OpenStack Administrator III (CL310)

Materi yang diajarkan pada training ini adalah penggunaan distribusi storage dari Red Hat Ceph Storage dan kapabilitas storage serta jaringan dari OpenStack Neuron. Dan juga mengkonfigurasi Red Hat Ceph Storage sebagai back end dari Red Hat OpenStack Platform.

Setelah mengikuti training ini anda dapat memperoleh sertifikasi Red Hat Certified Engineer (RHCE) di Red Hat OpenStack dengan mengikuti ujian EX310.

Terdapat beberapa cara untuk mengikuti training Openstack seperti:

  1. Classroom

Materi akan diajarkan secara tradisional, dengan pengajaran dilakukan dilokasi training center.

  1. Red Hat Online Learning

Training dilakukan secara online, dengan self-paced training selama 90 hari akses untuk materi dan hingga 80 jam di lab.

  1. Virtual classroom

Training dilakukan secara online dengan diarahkan instruktur dengan materi dan lab yang sama dengan kelas tradisional.

  1. On-site team training

Training dilakukan dilakukan secara tradisional dengan lokasi sesuai permintaan pelanggan.

 

Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id