Apakah anda mengetahui salah satu fitur terbaru di VCSA 6.5? Pernahkah anda mengalami kondisi dimana vCenter anda tidak bisa diakses? Selain backup yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya, kita bisa mengantisipasi hal ini dengan cara menerapkan vCenter HA dengan arsitektur Active-Passive VCSA 6.5. arsitektur ini bisa untuk embedded dan external psc.

Minimal ada 3 node yang harus ada pada arsitektur active-passive ini, yakni:

  • Active node: vCenter yang sedang digunakan dan diakses oleh user dan admin untuk manage hosts dan vms.
  • Passive node: vCenter yang hanya memiliki status standby dan menerima files dari active node agar synchronized dengan active node dan siap failover apabila active node failed.
  • Witness node: node yang hanya bertugas sebagai pelengkap apabila terjadi nya network partinioning antara active dan passive node. Witness node ini tidak akan berubah menjadi active atau passive node.

Ada 2 cara untuk deploy vCenter HA:

  1. Basic

Minimum mode vCenter HA, karena yang dibutuhkan hanya informasi IP, dan tambahan vNIC akan ditambahkan ke VCSA secara otomatis.

  1. Advanced

Agak sedikit complex, karena kita harus secara manual cloning VM (active,passive,witness), menyediakan alamat IP, secara manual menambahkan vnic ke appliances.

Pada artikel ini akan dibahas tentang Basic Configuration dari vCenter HA:

  1. Create vSphere HA Network, buka vsphere web client, pilih host, kemudian pilih konfigurasi, pilih networking tab dan klik virtual switch

Jika menggunakan standard switch, maka kita harus konfigurasi di semua hosts.

  1. Klik kanan pada vCenter dan pilih vCenter HA setting

  1. Kemudian akan muncul tampilan yang ada configure button dan pilih basic option. Pilih next.

  1. Selanjutnya akan muncul tampilan berikut:

  1. Setelah klik Advanced button, pada passive node, kita bisa set override management network jika terjadi failover (checkbox).

  1. Kemudian pada halaman berikutnya, kita akan diminta untuk membuat vm passive dengan klik link edit pada bagian vcsa-peer jika ingin kustomisasi vm vcsa passive, namun jika tidak, bisa langsung klik tombol next.

  1. Kemudian klik button finish pada tampilan berikut:

  1. Kemudian akan terbentuk 2 vm baru, yaitu witness dan passive node pada inventory vcenter seperti tampilan berikut

Demikianlah cara deploy VCSA Active-Passive. Semoga bermanfaat. 🙂


PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncilEMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open SourceVirtualisasiDatabase, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id