Pada beberapa artikel sebelumnya sudah menyinggung terkait teknologi middleware yang sudah mulai dilirik dan diimplementasikan demi menunjang proses bisnis karena penerapan teknologi yang salah akan sangat berdampak pada hasil dari bisnis yang dilakukan. Prinsip inilah yang diusung oleh teknologi middleware dimana mampu meningkatkan efisiensi, stabilitas dan keamanan data. Secara garis besar prinsipnya middleware merupakan software dengan multifungsi dimana mampu menyediakan service untuk aplikasi – aplikasi di luar operating system yang secara konsep software apapun diantara kernel dan aplikasi pengguna bisa dikatakan middleware. Dikatakan sebagai teknologi yang multifungsi juga bukan tanpa alasan, dimana dengan menggunakan aplikasi middleware kita bisa melakukan optimasi terkait bagaimana data kita akan disimpan dan juga bisa meningkatkan proses pengembangan aplikasi.

Salah satu yang berkontribusi besar dalam komunitas open source khususnya pada teknologi middleware adalah Red Hat, dimana membantu mengembangkan fitur dan keamanan performa teknologi middleware agar berjalan dengan stabil, fleksibel dan aman. Apabila membicarakan tentang tools terkait teknologi middleware rasanya sudah tidak asing lagi mendengar tentang RED HAT JBOSS, dimana red hat sendiri pun membagi JBOSS ke beberapa tools terpisah berdasarkan fungsinya untuk mendukung performa dan ide dari teknologi middleware yang multifungsi tersebut. Salah satu dari tools middleware tersebut adalah RED HAT JBOSS Data Grid.

RED HAT JBOSS Data Grid dengan mengambil tag line High performance, elastic scalability, always available merupakan salah satu tools yang mengusung teknologi middleware merupakan salah satu teknologi in-memory data grid yang melakukan management system guna memberikan aplikasi berupa akses yang sangat cepat untuk informasi yang sering diakses dan dirubah. Disamping itu teknologi ini juga bersifat flesibel, elastis, dan terstruktur antara aplikasi dan database.

Dalam penerapannya RED HAT JBOSS Data Grid mampu meng-cover kebutuhan -kebutuhan terkait teknologi middleware dimana sebagai jembatan antara aplikasi dan sistem yang sering kali tidak fleksibel, proses yang lambat, dan tingkat keamanan yang rendah. Berikut beberapa keunggulan yang dapat disimpulkan dari RED HAT JBOSS Data Grid, diantaranya adalah :

  1. Act Faster

Waktu yang dibutuhkan dalam mengakses data relatif cepat melalui pemrosesan data yang cepat dan rendah-latensi karena menggunakan memori (RAM) dan proses eksekusi paralel yang terdistribusi.

  1. Always Available 

High availability melalui replikasi data di seluruh node cluster.

  1. More Productivity

Adanya fleksibilitas dalam pengembangan dan produktivitas yang tinggi dikarenakan penggunaan NoSQL data store.

  1. Scale Quickly

Mampu linear scalability menggunakan pembagian data yang terdistribusi di seluruh node cluster.

  1. Fault Tolerance

Kemudahan dalam melakukan disaster recovery melalui cross-datacenter geo replication dan clustering.

  1. Stay Secure

Keamanan data yang komprehensif menggunakan enkripsi dan akses berdasarkan role masing – masing.

Sekian penjelasan tentang RED HAT JBOSS Data Grid beserta rangkuman fitur dan manfaatnya, serta tidak ada salahnya mulai beralih menggunakan teknologi middleware salah satunya RED HAT JBOSS Data Grid. Untuk informasi lebih lanjut terkait services dan training Red Hat JBOSS bisa melalui PT. Inovasi Informatika Indonesia dimana kami juga membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id