Pada era dimana sistem yang lebih efisien dan mumpuni lah yang akan dilirik banyak konsumen terutama kalangan Enterprise, dimana sistem tersebut yang akan menentukan baik atau buruknya proses dan hasil dari bisnis yang mereka hasilkan. Salah satu komponen dari sistem tersebut yang juga sudah tidak asing lagi adalah teknologi Middleware. Secara garis besar prinsipnya middleware merupakan software dengan multifungsi dimana mampu menyediakan service untuk aplikasi – aplikasi di luar operating system yang secara konsep software apapun diantara kernel dan aplikasi pengguna bisa dikatakan middleware. Dikatakan sebagai teknologi yang multifungsi juga bukan tanpa alasan, dimana dengan menggunakan aplikasi middleware kita bisa melakukan optimasi terkait bagaimana data kita akan disimpan dan juga bisa meningkatkan proses pengembangan aplikasi.

Salah satu yang berkontribusi besar dalam komunitas open source khususnya pada teknologi middleware adalah Red Hat, dimana membantu mengembangkan fitur dan keamanan performa teknologi middleware agar berjalan dengan stabil dan aman. Apabila membicarakan tentang tools terkait teknologi middleware rasanya sudah tidak asing lagi mendengar tentang Red Hat Jboss, dimana red hat sendiri pun membagi Jboss ke beberapa tools terpisah berdasarkan fungsinya untuk mendukung performa dan ide dari teknologi middleware yang multifungsi tersebut. Salah satu dari tools middleware tersebut adalah Red Hat Jboss Enterprise Application Platform.

Red Hat Jboss Enterprise Application Platform dengan mengambil tagline Build Once, Deploy Java EE Apps Everywhere merupakan salah satu tools yang mengusung teknologi middleware dimana lebih dikenal dengan nama Red Hat Jboss EAP yang menyuhkan platform dengan standar keamanan yang digunakan enterprise dan performa yang mampu diterapkan pada berbagai environment. Baik itu on-premise ataupun virtual, in private, public, ataupun hybrid cloud, dimana Jboss EAP mampu menyediakan aplikasi secara cepat dan dimana saja.

Berikut fitur – fitur dan manfaat yang didapatkan apabila menggunakan Red Hat Jboss Enterprise Application Platform sebagai salah satu tools middleware:

  1. Optimized for cloud and containers

Jboss EAP dikembangkan untuk menyediakan proses pengembangan dengan cara yang sederhana namun dengan kinerja Java ™ EE yang lengkap untuk aplikasi di environment manapun. Baik itu on-premise atau virtual, private, publik, dan hybrid clouds. Jboss EAP mampu menyediakan service hanya saat dibutuhan. Penggunaan memori yang sangat rendah dan waktu startup yang cepat membuat penggunaan Jboss EAP sangat ideal untuk environment manapun dengan pemanfaatan sumber daya yang efisien menjadi prioritas, seperti pada Red Hat OpenShift.

  1. Flexible management, configuration, and administration

Jboss EAP memaksimalkan produktivitas administratif dengan menjadikan proses maintain dan update pengembangan anda menjadi lebih mudah. Jboss EAP menyuguhkan antarmuka pada management console dengan navigasi dan dukungan yang intuitif untuk proses konfigurasi dengan skala yang lebih besar. Antarmuka pada command line juga memberikan tampilan yang lengkap dan mampu menjangkau ke dalam konfigurasi dan subsistem, sekaligus menawarkan kemampuan untuk mengelola server secara offline. Fitur ini bisa digunakan dengan tools manajemen konfigurasi yang cukup populer, seperti Ansible Tower oleh Red Hat.

  1. Flexible, future-friendly subscription model

 

Langganan Jboss EAP memberi Anda fleksibilitas dari segi teknis dan juga bisnis. Silahkan hiilangkan pikiran mengenai lisensi mengikat yang mengunci anda untuk mengimplementasiikan environment yang spesifik, mesin perangkat keras, infrastruktur, atau pun tingkat support yang diberikan. Dengan berlangganan Red Hat, Anda bebas membangun aplikasi Anda dan kemudian memutuskan di mana dan bagaimana Anda akan men-deploy nya.

Sekian pernjelasan tentang Jboss EAP beserta rangkuman fitur dan manfaatnya, serta tidak ada salahnya mulai beralih menggunakan teknologi middleware salah satunya JBOSS EAP. Untuk informasi lebih lanjut terkait services dan training Red Hat Jboss bisa melalui PT. Inovasi Informatika Indonesia dimana kami juga membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id