Sosreport merupakan sebuah command tool yang berfungsi untuk mengkoleksi informasi dan diagnosis informasi dari sistem Red Hat Enterprise Linux. Sebagai contoh: versi kernel, module apa saja yang di load dan sistem serta file – file konfigurasi dari servis. Command sosreport juga menjalankan program external untuk mengkoleksi informasi lebih lanjut dan menyimpannya ke dalam archive. Secara umum sosreport digunakan sebagai acuan oleh technical support untuk mendapat tampilan lebih jelas dari sistem secara keseluruhan.

Untuk menjalankan command sosreport, perlu instalasi paket sos. Paket tersebut sudah termasuk ke dalam default group dan akan di-install pada kebanyakan sistem. Jika paket belum terinstall bisa mengikuti tahap-tahap berikut:

  • Red Hat Enterprise Linux 4 Update 6 atau berikutnya

Jika sistem telah terdaftar di dalam Red Hat Network (RHN), sos bisa di-install dengan perintah up2date:

# up2date sos

  • Red Hat Enterprise Linux 5 dan setelahnya

Jika sistem telah terdaftar di dalam Red Hat Network (RHN), bisa menggunakan perintah yum:

# yum install sos

  • Dan jika tidak terdaftar di dalam RHN, paket sos bisa di download dari RHN website atau bisa ditemukan di CD atau DVD instalasi. Perintah rpm dapat digunakan untuk penginstalan paket di semua versi Red Hat Enterprise Linux

# rpm -Uvh sos-<version>.noarch.rpm

Dan setelah paket di install, maka jalankan command sosreport

# sosreport

Perintah tersebut membutuhkan root permission dan secara normal perintah akan selesai dalam beberapa menit pada Red Hat Enterprise Linux 6. Versi sebelumnya mungkin akan memakan waktu lebih lama. Bergantung dari konfigurasi lokal dan opsi khusus di beberapa kasus akan membuat command lebih lama selesainya.

Setelah selesai, sosreport akan generate  sebuah file kompres di dalam /tmp (untuk RHEL6 dan sebelumnya) atau dalam /var//tmp (untuk RHEL7 dan setelahnya. Versi yang berbeda juga menggunakan compresi yang berbeda juga (gz, bz2, atau xz). Berikutnya akan diserahkan kepada perwakilan support (biasanya sebagai attachment untuk open case).

Ukuran dari file kompresi akan bergantung terhadap sistem konfigurasi dan opsi tambahan dari sosreport yang digunakan.

Untuk, menghindari penggunaan user dan account information, command bisa dijalankan dengan opsi –batch. Dengan mode ini informasi user yang di dapat berasal sistem konfigurasi RHN.

# sosreport –batch

Command Sosreport mempunyai struktur modular dan yang bisa membuat user memilih modul yang akan dijalankan dan spesifikasi modul tersebut pada command line. Untuk melihat list module menggunakan command:

# sosreport -l

Untuk mematikan module bisa menggunakan opsi -n, seperti

# sosreport -n kvm,amd

Untuk menjalankan sosreport pada RHN proxy server. Jalankan perintah berikut

# sosreport -o rhn

Dengan ketentuan:

  1. Red Hat Enterprise Linux 4.5 dan sebelumnya menggunakan command sysreport untuk membuat diagnosis archive. Jika memungkinkan update sistemnya sehingga menggunakan sos paket yang dimasukkan pada keluaran berikut nya, tetapi masih bisa di submitt ke dalam Red Hat.
  2. Sos paket pada RHEL 4 dan 5 juga terdapat sysreport command dan merupakan simbolik link yang di provide untuk backwards compatibility.

Apabila sosreport hang lakukan langkah berikut

  • Jika jalan pada RHEL 5, pindahkan sosreport ke background dengan shortcut ( ctrl-z ) sebelum membunuh program melalui PID. Bila tidak akan muncul permasalahan lain.
  • Jika sosreport gagal diakibatkan “No space left on device” untuk device lakukan langkah berikut:
    • Verifikasi apakah benar file sistem telah penuh dengan # df -h /tmp
    • Berikan space tambahan, dengan menggunakan perintah sebagai berikut

# sosreport –tmp-dir /jalur/ke/file/sistem/lainnya

  • Sosreport mungkin hang dikarenakan plugin khusus

Coba tentukan plugin mana penyebabnya dengan

  • Lakukan strace
  • Meningkatkan verbositas sosreport -vvvv

Setelah ditentukan plugin mana yang memiliki masalah lakukan:

# sosreport -l

      Untuk mengetahui semua plugin. Lalu coba exclude dengan command:

# sosreport -n filesys