Penggunaan operating system berbasis linux pada era digital saat ini sudah tidak asing lagi, dimana operating system berbasis linux mampu mengakomodir berbaggai kebutuhan terkait operasional di berbagai sektor tidak klah dengan operating system lain. Bukan hanya digunakan utk personal namun juga sudah enterprise ready. Informasi yang berkaitan dengan linux juga sudah mudah untuk didapatkan, baik itu tutorial maupun cara troubleshoot apabila mengalami masalah saat mengoperasikan linux.

Pernahkah anda mengalami kasus dimana login menggunakan akun root dan password yang diinputkan itu benar namun system membacanya itu sebagai login incorrect seperti gambar dibawah.

Seperti yang kita ketahui bahwa akun root merupakan akun yang secara default memiliki privilege tertinggi di operating system linux, dimana mayoritas konfigurasi biasanya melibatkan akun root. Salah satu solusi yang biasanya terlintas adalah melakukan reset password pada akun root menggunakan single user. Cara tersebut bisa dilakukan dan dapat menyelesaikan masalah login tersebut apabila password akun root yang menjadi sumber masalah. Sekarang permasalahannya apabila setelah password nya di reset tapi masih tidak bisa login dan system masih membaca sebagai login incorrect, solusi apalagi yang bisa kita gunakan ?.

Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah terkait file permissions pada file /etc/securetty dimana default permissions file tersebut hanya user root yang mempunyai akses read dan write pada file tersebut. Apabila group dan other diberikan akses untuk write pada file tersebut, maka user root tidak akan bisa login dan system akan membaca sebagai login incorrect. Untuk lebih jelasnya simak langkah – langkah berikut sebagai salah satu cara troubleshoot login incorrect pada akun root menggunakan sinngle user (langkah – langkah dibawah dilakukan pada RHEL 6.5) :

  1. Silahkan melakukan reboot sampai muncul pilihan menu grub dan tekan ‘e’ untuk melakukan edit pada baris kernel.

  1. Pilih baris kernel dan tekan ‘e’ untuk menambahkan suatu perintah pada baris kernel.

  1. Tambahkan di akhir baris init=/bin/bash dan tekan enter apabila sudah melakukan perubahan. Setelah itu tekan ‘b’ untuk melanjutkan booting.

  1. Secara otomatis kita akan dilempar ke bash prompt dan ketik mount -o remount,rw / agar kita bisa melakukan perubahan pada system.

  1. Silahkan cek file permissions untuk file /etc/securetty dimana defaultnya adalah 600, dan apabila berbeda ataupuh group dan other mempunyai akses write maka ini menjadi salah satu penyebab masalah system membaca login incorrect saat root login.

  1. Silahkan ganti file permissions untuk file /etc/securetty menjadi 600 atau akses read dan write hanya diberikan kepada root selaku pemilik file tersebut.

  1. Apabila file permissions sudah diganti silahkan melakukan reboot atau bisa menggunakan exec /sbin/init

 

Sekian salah satu trik mengatasi login incorret pada akun root, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan apabila menghadapi kasus yang serupa.