Apakah anda sedang atau akan ber investasi untuk membangun sebuah data center? Apakah data center pilihan anda sudah yang paling smart di masa sekarang ini? Bahkan setelah kapankah investasi anda untuk datacenter tersebut kembali? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti akan terlintas dibenak seseorang yang sedang atau akan membangun sebuah infrastruktur datacenter sebagai needs dari bisnis di zaman sekarang. Lantas apakah teknologi yang harus diterapkan? Jawabannya adalah Virtualisasi. Kenapa?

Untuk menjawab kekhawatiran terhadap masalah tersebut, kami telah merangkum beberapa alasan, kenapa seharusnya kita menerapkan Virtual Data Center dibandingkan Traditional Data Center:

  1. Reduced Cost

Component yang memiliki harga yang paling tinggi di datacenter adalah Hardware. Mengurangi jumlah hardware di DC anda dengan virtualisasi berarti mengurangi pengeluaran dengan memvirtualisasi hardware anda, seperti server, router, switch, dll dengan performa yang sama bahkan memiliki fitur-fitur lain yang sangat bermanfaat untuk availability, manageability dan security. Selain itu, anda juga dapat mengurangi biaya pemakaian listrik yang dikeluarkan pendingin/cooler dan DC. hal-hal tersebut tidak akan anda dapatkan jika masih menggunakan traditional DC yang hanya dapat menjalankan satu applikasi dan OS pada satu server saja.

2. Faster redeploy

Ketika server fisik tiba-tiba down, maka waktu yang dibutuhkan untuk redeploy server tersebut lama dan butuh effort lebih banyak dibandingkan dengan server yang telah di virtualisasi. Dengan virtualisasi server, proses redeploy dapat berlangsung hanya dalam hitungan detik bahkan bisa no downtime.

3. Easier backup

Tidak hanya full backup dari virtual server, namun anda juga dapat backup dan snapshot sampai ke VM beserta data data/ files didalamnya untuk memastikan data yang up to date. Bahkan VM anda dapat dipindahkan dari satu server ke server lain dengan redeploy mudah dan cepat. Dibandingkan dengan fisikal server yang harus booting terlebih dahulu, tentu butuh waktu.

  1. Mengurangi space

Server yang telah divirtualisasi ini tentu tidak memiliki fisik sehingga tidak memakan tempat yang banyak di DC.

  1. Better Testing

Virtual environment merupakan tempat yang pas untuk testing, jika anda melakukan kesalahan, kita dapat kembali ke kondisi semula dengan adanya fitur snapshot di VM.

  1. Better Disaster Recovery

Disaster recovery akan sangat mudah dilakukan ketika server anda divirtualisasi karena virtualisasi ini memiliki fitur fitur canggih, seperti up to date snapshot VM, sehingga sewaktu waktu dapat kembali ke suatu kondisi apabila terjadi disaster. Selain itu juga dapat memindahkan VM anda ke suatu DC lain dalam jarak jauh yang terkoneksi sebelumnya hanya dengan beberapa kali klik. Tentunya hal seperti ini akan sangat sulit dilakukan dengan tradisional DC.

  1. All in one service

Pada clustered server-server yang telah divirtualisasi, akan saling sharing resources satu sama lain, sehingga pada intinya akan mengurangi pengeluaran anda, karena tidak harus membeli shared storage salah satunya dan masih banyak lagi manfaatnya. Dengan tetap mempertimbangkan keamanan pada VM anda.

  1. Easier migration to cloud

Dengan Virtualisasi, anda semakin dekat dengan layanan cloud karena dapat dengan mudah migrasi VM anda dari private ke public cloud sesuai permintaan jika eksisting virtualisasi DC anda sudah tidak sanggup lagi menampung VM. hal seperti ini akan sangat sulit bagi tradisional DC

  1. Experience the benefit

Virtual Machine menawarkan bantuan yang sangat powerfull dan mengurangi beban keseharian system administrator dengan fitur-fitur yang ditawarkan baik untuk manageability, recoverability, availability, dan security untuk DC dan keberlangsungan bisnis anda.

Untuk menjadikan server fisik anda menjadi virtualisasi server, anda bisa menghubungi kami, PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3), karena kami menawarkan jawa IT Services di 4 bidang keahlian: Virtualisasi, Open Source, Database, dan IT Security.

Dan apabila anda ingin lebih mendalami best practice serta benefit dari virtualisasi ini, anda bisa mendapatkan training VMware vSphere ICM (Install, configure, and Manage) 6.0 yang diselenggarakan oleh i3. Semua training dan service ditangani oleh trainer dan konsultan yang memiliki sertifikasi international dan berpengalaman. Info lebih lengkap tentang layanan IT dan jadwal training silahkan hubungi kami di info@i-3.co.id