Hyper-Converged Infrastructure (HCI), Next-Generation Data Center

Saat ini begitu banyak data center yang memasang beberapa teknologi seperti vsphere, vcenter, dan teknologi vsphere lain seperti vSAN. Pernahkah anda mendengar apa itu VMware HCI?? HCI (Hyper-Converged Infrastructure) merupakan data center dari VMware yang memanfaatkan teknologi seperti vCenter, vSphere, dan vSAN dalam bentuk single software yang ditumpuk dalam bentuk stack/ tumpukan diatas data center yang standard hardware (x86 arsitektur) tersebut dan dikenal dengan nama HCS (Hyper-Converged Software).

ilustrasi VMware

Jadi, HCS merupakan software HCI stack yang berhasil menitegrasikan antara management, compute resource, storage, dan networking dalam hardware standard industri x86 untuk men-deliver performa yang cepat dengan biaya yang sangat rendah. Perusahaan yang sudah mulai memanfaatkan teknologi ini adalah Google, Amazon dan perusahaan lainnya.

HCI memiliki spesifikasi hardware (x86) dan software yang tinggi seperti teknologi falsh dan pemrosesan CPU yang tinggi.

Dari gambar diatas, dapat kita lihat bahwa compute, storage, network dan management dijalankan dalam satu software (HCS) yang terdiri dari:

  • vSphere, sebagai hypervisor yang paling banyak dideploy oleh industri. Dan menjalankan vm networking, dan vsphere distributed switch.
  • vSAN, yang menyediakan high performances, dan sebagai enterprise-class shared storage.
  • vCenter server yang menyediakan menejemen yang terpusat antar stack.

Manfaat HCS bagi perusahaan yang mengimplementasikannya:

  • Mengurangi kebutuhan akan hardware, karena adanya stack vsphere dan vSAN
  • Mempunyai banyak pilihan deployment
  • lower cost and higher capacity
  • Optimized performance
  • Enterprise-class availability

Dari informasi tersebut, i3 (Inovasi Informatika Indonesia) sebagai penyedia jasa solusi untuk virtualisasi, dapat memberikan semua services terkait virtualisasi dengan vmware, mulai dari vsphere, vcenter, dan vSan sebagai mana fitur-fitur yang dimiliki oleh HCI ini dan lainnya. Selain services, i3 juga bisa mendeliver semua training vmware authorized dan custom. Selain vmware, i-3 juga dapat memberikan layanan maintenance dari product lain seperti open source/Redhat, network security, dan juga database solution.

http://i-3.co.id/blog/