Memasuki era digital, internet telah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang bekerja, bersekolah, dan mencari hiburan dari rumah. Faktanya, penggunaan Internet meningkat hingga 40% selama masa work from home (WFH). Dengan demikian, para Internet Service Provider (ISP) dituntut untuk memiliki data center modern yang dilengkapi dengan infrastruktur IT memadai untuk menjawab kebutuhan para pelanggan.

Salah satu komponen dalam memiliki data center yang modern adalah cloud computing. Dengan memanfaatkan cloud, Internet Service Provider tak hanya mendapatkan fleksibilitas dan efisiensi yang dibutuhkan seiring dengan banyaknya layanan berbasis digital saat ini, tetapi juga memudahkan ISP mengelola resources jaringan melalui dashboard yang tersedia, sehingga Internet Service Provider mampu memberikan koneksi dan layanan digital yang optimal bagi pelanggan.

Namun, perlu diingat bahwa dengan bertambahnya jumlah resources jaringan, jumlah cloud dan platform yang dibutuhkan juga meningkat untuk mengakomodir hal tersebut. Tentunya, hal ini akan menyulitkan para administrator untuk mengelola resources yang ada dari cloud serta platform yang berbeda.

Permasalahan di atas dapat diatasi dengan Avvan, sebuah manajemen platform yang memudahkan bisnis Internet Service Provider untuk mengelola semua cloud berbasis private ataupun publik yang dimiliki di berbagai platform. Avvan mampu melakukan monitoring, provisioning, dan fungsi lainnya terhadap AWS, Alibaba Cloud, Azure, GCP, Openstack bahkan VMware. Selain itu, Avvan juga memudahkan holding company untuk memonitor dan membagi penggunaan cloud untuk semua member company-nya. Terakhir, Avvan memiliki kapabilitas untuk mengotomatisasi tugas serta memberikan alert apabila akses penggunaan cloud tidak sesuai dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya.

Memiliki solusi multi-cloud bisa memudahkan bisnis Internet Service Provider untuk mengelola resources jaringan yang ada secara efisien. Melalui Avvan, bisnis Internet Service Provider bisa memonitor dan mengelola resources yang tersebar di berbagai cloud via satu dashboard yang sama. Bagi bisnis di Indonesia, Avvan bisa didapatkan melalui Inovasi Informatika Indonesia (i3), salah satu IT expert di bidang open source yang juga menawarkan layanan IT end-to-end komprehensif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Avvan, silakan hubungi info@i-3.co.id.