Pada tanggal 10 Agustus lalu, Gartner mengumumkan bahwa pasar untuk layanan Infrastructure as a Service (IaaS) public cloud mengalami peningkatan 33,7% di tahun 2019 dibandingkan pada tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya dorongan bagi semua bisnis untuk melakukan transformasi digital, khususnya di tengah pandemi COVID-19 yang masih mendisrupsi jalannya bisnis di seluruh dunia.

IaaS memberikan platform yang skalabel, elastik, dan berkapasitas tinggi yang memungkinkan bisnis untuk mengadopsi berbagai teknologi baru seperti edge, artificial intelligence (AI), dan machine learning (ML). Kehadiran berbagai teknologi tersebut memudahkan bisnis untuk menjalankan bisnisnya secara remote. Tak hanya itu, penyedia cloud tipe IaaS akan memberikan dan mengelola komponen server, storage dan jaringan, serta virtualisasi.

Perlu diingat bahwa para pelanggan mengharapkan bisa mengakses infrastruktur IT yang dimiliki secara cepat dan instan. Maka dari itu, tak heran apabila para cloud provider mengadopsi strategi multi-cloud untuk meletakan workload IT di platform yang tepat untuk memastikan kinerja, biaya, dan keamanan yang optimal. Namun, tak dapat dipungkiri kalau mengelola infrastruktur IT di platform yang berbeda-beda membawa tantangan tersendiri, khususnya bagi para administrator.

Mudahkan pekerjaan para administrator dengan Avvan, sebuah manajemen platform yang dapat membantu para administrator untuk mengelola semua cloud yang dimiliki dari platform berbeda via satu dashboard yang sama.

Terlebih lagi, Avvan juga dapat mengotomatisasi tugas serta memonitor penggunaan cloud untuk memastikan kinerja yang optimal dengan biaya efisien.

Untuk masalah keamanan, Avvan memiliki sistem alert yang akan menyala apabila penggunaan cloud serta aksesnya tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Mengadopsi strategi multi-cloud adalah sebuah keharusan bagi para cloud provider untuk memberikan layanan yang terbaik. Dengan adanya Avvan dari Inovasi Informatika Indonesia (i3), cloud provider dapat mengelola semua cloud yang dimiliki dengan mudah, efisien, dan aman. Untuk informasi lebih lanjut tentang Avvan, silakan hubungi info@i-3.co.id