Blog I3 sebelumnya banyak menyuguhkan tips dan trick dalam mengantisipasi ransomware, namun tahukah anda ransomware apa saja yang sangat populer belakangan ini, berikut adalah 5 ransomware dengan popularitas tinggi pada tahun 2016:

1. Locky

Locky adalah salah satu ransomware paling ganas, pembuat Locky sangat teliti dalam membuat ransomware ini, tidak hanyak pengenkripsian data yang rumit, menggunakan bitcoin, Locky juga menghapus Windows Snapshot Service (VSS) dan restore files. Korban dari Locky sangat banyak ditemukan di Eropa, biasanya hanya workstation yang terjangkit namun dalam beberapa kejadian Locky menjangkit jaringan yang terhubung.

5-ransomware-terpopuler-pada-tahun-2016

2. CryptoWall

Diproduksi dalam beberapa versi sejak tahun 2014 hingga versi 4.0 yang rilis pada akhir tahun 2015 lalu, CryptoWall tetap menjadi ransomware yang paling umum dijumpai, yang menarik pada CryptoWall adalah setiap file name yang masing-masing berisikan data dari file asli terenkripsi dengan unik.

5-ransomware-terpopuler-pada-tahun-2016-2

3. Petya

Konon Petya adalah ransomware yang lebih ganas dari Locky, karena disamping melakukan enkripsi pada file, Petya juga melakukan enkripsi pada beberapa sektor dari system disk, menghalangi sistem operasi dalam melakukan loading sehingga komputer korban tidak dapat beroperasi.

5-ransomware-terpopuler-pada-tahun-2016-3

4. Cerber

Cerber adalah sebuah Ransomware yang bersifat RaaS (Ransomware as a Service), RaaS sendiri sudah mulai menjadi tren di tahun 2016 ini, jadi para pelanggan dari RaaS dapat membeli layanan Ransomware dan menanamnya dimanapun dia mau, dan para pembuat ransomware bukan lagi kumpulan satu-dua orang programmer expert, tetapi sudah mulai membesar dan lebih terstruktur.

5-ransomware-terpopuler-pada-tahun-2016-4

5. zCrypt

zCrypt memiliki teknik yang berbeda dengan ransomware lainnya, umumnya ransomware lain menggunakan malicious web atau email zCrypt menyebar melalui USB. Seperti halnya virus zCrypt membuat custom autorun.inf sehingga ketika USB dipasang ke suatu perangkat maka ransomware akan tereksekusi otomatis.

5-ransomware-terpopuler-pada-tahun-2016-5

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang training dan services, salah satu fokus dari service yang ditawarkan I3 adalah di bidang Network & Security.

Konsultasi tentang ransomware hanya salah satu solusi yang ditawarkan oleh I3, solusi lain seperti Penetration Test (pentest), Security Hardening, Firewall, Audit and Compliance, dan banyak lagi solusi lainnya dapat I3 sediakan, dan salah satu kelebihan dari I3 adalah tidak terpaku hanya dari 1 atau 2 vendor sehingga I3 dapat memberikan banyak solusi sesuai dengan apa yang perusahaan anda butuhkan.

Upgrade segera Network & Security perusahaan anda dengan solusi security dari kami sebelum anda menjadi korban.