Footprinting adalah proses mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang target, hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai cara untuk masuk ke dalam sistem jaringan suatu organisasi. Footprinting adalah langkah awal dari penyerangan sebuah sistem, penyerang mengumpulkan informasi sensitif yang tersebar di publik, dengan informasi-informasi tersebut dia dapat menggunakan teknik seperti social engineering, serangan ke jaringan, dan berbagai macam serangan yang dapat mengakibatkan kerugian finansial dan kerugian di sisi reputasi bisnis.

Maltego adalah sebuah alat untuk melakukan footprinting, digunakan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dengan tujuan forensik, pen testing, atau ethical hacking. Aplikasi ini mengumpulkan informasi tentang target dan menampilkan informasi tersebut dalam format yang mudah dimengerti, memvisualisasikan informasi tersebut ke dalam sebuah format graph, sangat cocok untuk link analysis dan data mining.

Berikut merupakan tahapan-tahapan dalam menggunakan Maltego:

  1. Maltego yang akan diinstall disini adalalah versi komunitas (gratis), jika anda berminat dan tertarik lebih dalam tentang maltego anda bisa membeli maltego versi berbayar. download Maltego di https://www.paterva.com/web7/downloads.php#tab-3
  2. Install maltego dengan cara double-click aplikasi yang sudah didownload

  1. Setelah proses install anda harus melakukan login, register terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun maltego (link ada pada proses instalasi)

  1. Register akun anda lalu lakukan aktifasi

  1. Disana akan muncul detail data personal yang dimasukkan, klik next

  1. Select transform seeds muncul, lakukan seperti di gambar, klik next

  1. Update transforms muncul, lakukan seperti di gambar, klik finish

  1. Saat muncul pilihan seperti di gambar, pilih Cancel

  1. Maltego GUI muncul lalu pilih tombol seperti di gambar untuk memulai graph baru

 

  1. Klik Palette > Infrastructure > Drag Website ke dalam laman kerja yang masih kosong
Read Also :  Cara Mudah Untuk Mengerti SQL Injection

  1. Ganti target yang akan difootprinting menjadi target anda (disini)

  1. Klik kanan > Run Transform > All Transform > To Server Technologies Website

  1. Klik ceklis seperti di gambar

  1. Maltego mulai menjalankan transform ke teknologi yang digunakan target

  1. Setelah proses selesai akan muncul teknologi-teknologi yang digunakan si target

  1. Banyak sekali informasi yang bisa didapat dari aplikasi Maltego ini, seperti lokasi hosting server si target, subdomain dari si target, email dan nomor ponsel yang tercantum di website tersebut, dan masih banyak info lain yang bisa didapat.

Pada artikel ini hanya didemokan 1 dari banyak fitur aplikasi Maltego, Maltego hanyalah 1 dari sekian banyak alat untuk melakukan footprinting, dan footprinting hanyalah langkah awal untuk melakukan pen test atau ethical hacking.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner EC-Council yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang keamanan (security), mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Pembelajaran lebih lanjut tentang footprinting akan dibahas mendalam di kelas Certified Network Defender (CND) yang berfokus pada Keamanan Jaringan, dan dibahas juga di kelas Certified Ethical Hacker (CEH) yang berfokus .

Info lebih lengkap tentang training yang tersedia di I-3 dapat dibaca disini atau hubungi langsung tim sales kami.