Ingin mengetahui apa perbedaan dasar VMFS 5 dengan VMFS 3 datastore di VMware vSphere? Siapa yang lebih unggul? Jika anda sudah menggunakan VMFS 3 dan ingin beralih ke VMFS 5, apakah bisa? Yuk kita simak penjelasannya!

VMFS 5 tersedia di vSphere 5 dan 6. VMFS 5 diperkenalkan dengan peningkatan performa yang cukup signifikan. Jika Anda menginstall VMware ESXi 5 / 6, VMFS 5 akan digunakan sebagai format default untuk datastore. Tetapi jika Anda meng-upgrade ESX 4/4.1 ke ESXi 5, maka versi datastore hanya ada VMFS 3.

Artikel ini akan memberitahu Anda tentang perbedaan datastore VMFS 3 dan VMFS 5:

Belajar VMware - Perbedaan VMFS5 dengan VMFS3

Capability VMFS 5 VMFS 3
Available Block Size  only 1 MB 1 MB/2MB/4MB/8MB
Sub-Block size 8 KB 64 KB
Maximum Single Extend size 64 TB 2 TB  less 512 bytes
Partition Style GPT (GUID Partition Table) MBR (Master Boot Record) style
Supported Hosts versions Only ESXi 5 is supported ESX/ESX 3.X, 4.X & 5.x
Spanned Volume size 64 TB (32 extends with any size combination) 64 TB (32 extends with max size of extent is 2 TB)
Upgrade path Sudah versi terbaru. Tidak perlu upgrade versi lagi VMFS 3 to VMFS 5
File Limit 100000 30000

Perbedaan yang begitu mencolok adalah bahwa di VMFS 5 setiap individual extents bisa berukuran hingga 64TB, tidak seperti di VMFS 3 setiap extent dibatasi hanya bisa 2TB.

Ketika membuat datastore 64TB dengan VMFS 5 anda hanya perlu 1 extent/LUN saja, tetapi dengan VMFS 3 Anda membutuhkan 32 extent/LUN. Hemmm, improvisasi yang sangat baik dari VMware.

Anda juga bisa meng-upgrade VMFS 3 ke VMFS 5 menggunakan ESXi 5 Command Line atau vSphere Client ketika virtual machine dalam kondisi menyala (tidak harus power-off, suspended, atau migrated). Menarik bukan?

Read Also :  7 Manfaat dari OpenStack IaaS dan Kubernetes Container Orchestration

Bagaimana cara konversi VMFS 3 menjadi VMFS 5 akan dibahas di artikel selanjutnya. 🙂

Semoga bermanfaat.

Note: Materi tentang VMware Datastore/Storage bisa kamu pelajari di Training VMware vSphere: Install, Configure, Manage (6) yang diselenggarakan oleh i3.

Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id

(MYR)