Pernahkah anda membuka console virtual machine dari vSphere Client/vSphere Web Client dan hanya muncul black screen lalu muncul pesan error “Unable to connect to MKS: “Virtual machine config file does not exist?” Namun IP Address VM tetap bisa di-ping?

Hal ini disebabkan karena file .vmx dari virtual machine tersebut tidak terdeteksi. Jika anda browse datastore dimana file VM tersebut disimpan, biasanya anda tidak akan bisa melihat file-file apapun (seperti hilang).

Anyway, saya akan share bagaimana mengatasi permasalahan tersebut hingga virtual machine bisa kembali running secara normal. Anda tidak perlu melakukan reboot terhadap ESXi host ataupun vCenter. Cukup hubungkan keyboard dan monitor ke ESXi host dimana VM tersebut berada. Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Masuk ke console ESXi host milik Anda menggunakan keyboard dan monitor.
  2. Tekan F2 utk customize system
  3. Login sebagai root
  4. Navigasikan ke Restart Management Agents (atau Troubleshooting Options pada ESX 4)esxi-restart-management-agents
  5. Tekan Enter
  6. Tekan F11 untuk restart services, tunggu beberapa detik
  7. Setelah restart, tekan Enter
  8. Tekan Esc untuk logout dari system
  9. Jika starting/stopping management agent gagal, ulangi beberapa kali. Jika masih gagal, segera hubungi VMware Support Anda
  10. Log in ke vCenter dan start VM yang terkait

Mudah bukan?

Jika tutorial ini berhasil ataupun anda menemukan permasalahan baru, silahkan komen di artikel ini.

i3 (PT Inovasi Informatika Indonesia) adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT. i3 menyediakan solusi virtualisasi untuk organisasi Anda supaya informasi bisnis terjaga secara aman, efektif dari sisi budget, dan mempermudah manajemen infrastruktur. Selain solusi virtualisasi ada juga open source, database, and security solution yang i3 tawarkan.

Anda juga bisa mengambil training resmi ataupun custom dari beberapa principal seperti Oracle, VMware, Redhat, EMC, dan EC-Council. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami via info@i-3.co.id

(MYR)