Sejak 2007, Red Hat sudah mengeluarkan investasi yang besar pada teknologi virtualisasi KVM di area linux, dengan menyadari bahwa itu mungkin saja akan menjadi fondasi untuk perubahan yang penting pada data center di seluruh dunia.

Dan pada bulan agustus 2016 Red Hat mengeluarkan Red Hat Virtualization 4 dengan menantang ekonomi dan kompleksitas solusi virtualisasi dengan menyediakan platform yang terbuka sepenuhnya, berkinerja tinggi, lebih aman dan dikelola secara terpusat baik untuk beban kerja Linux dan Windows.

Berikut beberapa fitur terbaru dari Red Hat Virtualization 4:

  • Next Generation Hypervisor node

Hypervisor dari RHEV telah mengalami perubahan desain secara total. Dengan masih bisa didefinisikan sebagai hypervisor yang “thin” dengan pendekatan berdasarkan appliance, tetapi dengan desain yang mengizinkan fleksibilitas ketika penambahan software seperti penambahan driver atau software monitoring. Dan juga bisa menambahkan fungsi baru serta software ketika dibutuhkan. Dengan fitur dari SELinux dan IPtables masih membantu untuk melindungi mesin virtual dari perspektif keamanan.

Serta Cockpit dari console administrasi pada Redhat Virtualization Hypervisor menyediakan tampilan keadaan pada semua environment virtual. Didesain agar dapat melakukan perbaikan dengan cepat dan memberikan info yang lebih baik pada kegiatan khusus di hypervisor. Dengan tambahan semua dari servis hypervisor, advance networking, storage dan supskripsi dapat diatur melalui Cockpit.

rhev-4

  • New Dashboards

Ketika masuk ke dalam Red Hat Virtualization Manager sebelumnya, akan menampilkan tab “Virtual Machines”. Mulai dari versi 4, tampilan akan memperlihatkan tab “Dashboard”. Yang menampilkan tampilan environment yang gampang untuk dilihat.

rhev-4-2

  • Redhat Atomic Support

Seiring mulai maraknya organisasi memindahkan aplikasinya dan runtime kedalam container, Red Hat Virtualization sekarang mendukung Red Hat Atomic Host. RHEV guest agent adalah container yang sadar dan akan melapor di RHEV Manager, dengan spesifik mesin virtual dan kontainer apa yang berjalan. Dengan seperti ini membuat user mengetahui alokasi resource mereka dilihat dari pandangan infrastruktur.

  • Advanced Live Migration Policies

Kemampuan untuk mengatur bagaimana live migration pada mesin virtual dilakukan mempunyai dampak yang signifikan pada performa keseluruhan dari aplikasi tier-1. VM dengan ukuran besar dengan beban berat yang awalnya membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk melakukan live migration dari satu hypervisor ke lainnya sekarang hanya butuh satuan detik pada beberapa kasus. VM kecil dengan beban rendah hanya membutuhkan sedikitnya 1 detik. Hal ini menjadi kritikal ketika melakukan Load Balancing pada beban kerja yang besar di cluster dari node-node hypervisor dan bereaksi sesuai kebutuhan bisnis.

rhev-4-3

  • Label Based Affinity

Sementara RHEV telah mempunyai kemampuan untuk mengatur host berdasarkan affinity (kesamaan)/anti-affinity, kemampuan mengatur ini melalui label adalah baru. Label berdasarkaan affinity adalah suatu cara untuk memudahkan administrasi dan waktu konfigurasi.

  • Advanced Networking Features

Dengan menambahkan External Parter Network API, membantu administrator untuk melakukan integrasi dengan SDN (Software-Defined Networking) partner seperti Midokura, Nuage Networks dan lainnya dalam rangka offload mesin virtual konfigurasi network dan data plane control. Ini penting untuk pelanggan yang telah menggunakan SDN pihak ketiga atau ingin menggunakan dan kebutuhan untuk memerluas fungsi di Red Hat Virtualisasi tanpa harus menunggu baik Red Hat atau partner untuk mengintegrasi kode spesifik.

  • A Modern Datacenter

RHEV akan tetap menjadi komponen fondasi di dalam datacenter modern. Baik itu kebutuhan untuk mendukung aplikasi tradisional, host containers, bekerja pada tandem dengan OpenStack, atau host dari infrastruktur yang menyediakan automasi dan orchestrated resources, RHEV menawarkan fitur dan integrasi yang dibutuhkan.

 

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari Red Hat yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Open Source, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Sebagian isi artikel yang sudah Anda baca diatas menjadi bagian dari materi pelajaran training Red Hat Enterprise Virtualization. Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, dapat menghubungi customer service kami menggunakan Live Chat. 🙂