API kini menjadi konsep yang familiar bagi developer saat membuat produk atau layanan, hingga aplikasi situs. API merupakan protokol untuk membangun dan mengintegrasikan software yang dapat menyederhanakan pengembangan aplikasi.

Ketahui lebih lanjut keunggulan API Manager untuk memudahkan pengembangan aplikasi hingga menghemat waktu dan biaya dalam artikel berikut.

Apa itu API?

API atau Application Programming Interface adalah interface (antarmuka) yang menghubungkan satu aplikasi atau server dengan aplikasi lainnya. Sebagai perantara, API merupakan konsep cara berinteraksi secara terprogram dengan komponen software antar berbagai aplikasi berbeda dalam satu platform yang sama atau lintas platform.

Keberadaan API membuat satu produk atau layanan dapat terhubung dengan produk dan layanan lain tanpa perlu mengetahui bagaimana cara penerapannya. Kemudahan ini dapat menyederhanakan pengembangan aplikasi, menghemat biaya dan waktu.

Ketika satu perusahaan merancang alat dan produk baru atau yang sudah ada, API akan memberikan kemudahan untuk menyederhanakan desain, fleksibilitas, administrasi, penggunaa, hingga kesempatan untuk berinovasi.

API umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai bahasa pemrograman yang berbeda sehingga dapat memudahkan developer. Dengan API, developer tidak perlu menyediakan semua data sendiri karena hanya perlu mengambil data yang dibutuhkan dari platform lain melalui API.

API juga memungkinkan Anda mengembangkan sebuah website dengan berbagai fitur yang lebih lengkap. Sebagai contoh, jika menggunakan MailChimp untuk email marketing maka Anda dapat mengintegrasikan dengan layanan MailChip di WordPress dengan bantuan plugin lalu masukkan API key untuk menjalankan layanan secara otomatis di website.

Jika dianalogikan, API seperti seorang pelayan di restoran yang menghubungkan tamu dengan koki di dapur. Tamu yang datang ke restoran cukup memesan makanan di daftar menu, kemudian memberitahukan pelayan lalu menginformasikannya ke koki. Nanti, pelayan akan kembali ke tamu dengan makanan sesuai pesanan.

API bekerja dengan bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server web yang juga menjadi abstraksi atau konsep dasar dalam rekayasa software. Secara umum, API bekerja sebagai “pembuka pintu” ke software atau data berbasis web.

API akan menyederhanakan mekanisme kompleks dengan hanya berfokus pada detail penting dengan cara terkontrol dan aman untuk program tersebut. Coding yang dimasukkan akan mengirimkan permintaan ke software penerima, sehingga data dapat dikembalikan. Panggilan yang dilakukan API untuk sekumpulan data akan ditampilkan untuk dikonsumsi oleh end user.

Baca Juga :
Cara Raih Kinerja Optimal dengan Load Balancing dari pgpool untuk PostgreSQL

Apa itu WSO2 API Manager?

Mengutip Apim, WSO2 API Manager adalah platform lengkap untuk membangun, mengintegrasikan, dan mengekspos layanan digital sebagai API terkelola di arsitektur cloud, on-premise, dan hybrid untuk mendorong transformasi digital bisnis Anda.

WSO2 API Manager memungkinkan developer API untuk merancang, menerbitkan, dan mengelola lifecycle API dan manajer produk API untuk membuat produk dari satu atau beberapa API.

Penerapan WSO2 API Manager memungkinkan developer membuat, mempublikasikan, dan menggunakan API hanya dalam 5 menit. Developer dapat membuat dan menerapkan aplikasi Siddhi dalam 5 menit dan menampilkannya sebagai API Streaming.

WSO2 API Manager dibandingn dengan arsitektur yang terdiri dari bidang manajemen, data, dan kontol bersama sejumlah tool yang digunakan developer untuk membantu proses kerja dengan mendukung berbagai komponen..

Kapabilitas WSO2 API Manager

WSO2 API Manager merupakan platform lengkap yang memiliki enam kapabilitas berikut.

Ekspos API dengan Mudah dan Aman untuk Internal dan Eksternal

Terapkan otorisasi seperti OAuth, OpenID Connect, dan JWT secara langsung dan integrasikan dengan akses ID atau tool manajemen yang sudah ada.

Aktifkan Tata Kelola Desain dan Lifecycle API

Bangun dan kelola API dari aplikasi serta layanan yang dibuat secara internal dan dari penyedia third party serta pantau penggunaan dan kinerja secara menyeluruh.

Dapatkan Wawasan dan Kecerdasan Bisnis

Berikan akses real-time ke penggunaan API dan statistik kinerja untuk mengoptimalkan dukungan kepada developer, tingkatkan layanan, dan mendorong adopsi secara berkelanjutan.

Model Penerapan Fleksibel

API merupakan platform fleksibel yang dapat diterapkan di cloud, data center, atau di mana pun  untuk memudahkan developer menemukan data yang dibutuhkan sehingga dapat membuat aplikasi secara efisien.

Mendukung Layanan Modern seperti REST, GraphQL, dan Async

API mengadopsi layanan modern yang terintegrasi dengan workflow serta pipeline CI/CD.

Dukungan Integrasi Berkelanjutan

Runtime integrasi mendukung pembuatan layanan mikro komposit, layanan, dan kebutuhan hosting API, message routing, transformasi, message mediation, service orchestration, serta konsumsi dan pemrosesan data streaming.

Tool Grafis/CLI Powerful

Lengkapi developer dengan tool API untuk merancang, mengembangkan, debug, mengetes, dan menerapkan alur integrasi visual dengan Intagration Studio.

Baca Juga :
Cara Mudah untuk Mengerti SQL Injection

Keuntungan Menggunakan WSO2 API Manager

Sebagai platform lengkap, berikut keuntungan menerapkan WSO2 API Manager.

Open Source dengan Dukungan Profesional

Kode lengkap dilengkapi fitur dan dukungan berbasis komunitas dengan layanan profesional sistem berlangganan WSO2.

Standar Terbuka dan Praktik Terbaik

Secara native mendukung spesifikasi open API untuk mempermudah penerapan praktik terbaik manajemen API standar industri, termasuk keamanan end-to-end, monitoring penggunaan dan analitik, hingga manajemen lifesycle.

Integrasi dan Manajemen API Mudah

Mengadopsi pendekatan APii-first tanpa membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk refactoring dan developer. Integrsaikan layanan dengan mudah dan kelola sebagai API dari satu lokasi dengan opsi deployment yang fleksibel.

Lacak Perubahan API

Ketahui history lengkap perubahan API untuk mempermudah audit dan memberikan pengalaman terbaik saat customer membutuhkan versi stabil dengan mudah.

Data Streaming Dikirim secara Real-time

Aktifkan integrasi streaming dan ekspos sebagai endpoint API untuk memanfaatkan arsitektur secara responsif. Kirinkan data streaming API secara real-time.

Kurangi Biaya TCO

Harga ditetapkan secara transparan dan fleksibel untuk mengurangi total cost of ownership (TCO) pada bisnis Anda.

Dapatkan Solusi API Manager di i3

Dapatkan kemudahan untuk menyederhanakan desain, fleksibilitas, administrasi, penggunaan, hingga kesempatan berinovasi dalam platform lengkap. API MAnager akan membantu developer dalam membangun, mengintegrasikan, dan mengekspos layanan digital menggunakan data yang tersimpan di cloud, on-premise, dan arsitektur hybrid demi mendukung strategi transformasi digital bisnis Anda. Dapatkan solusi API Manager dari i3 yang didukung tim profesional, berpengalaman, dan tersertifikasi.  Untuk informasi lebih detail, Anda dapat menghubungi info@i-3.co.id.

Penulis: Ervina Anggraini
Content Writer CTI Group