Seiring dengan berkembangnya bisnis, memiliki visibilitas secara menyeluruh terhadap infrastruktur IT menjadi sangat krusial. Tak hanya meningkatkan keamanan, dengan visibilitas yang baik dapat membantu para developer ataupun administrator IT untuk mendeteksi secara dini potensi eror maupun bug yang mungkin terjadi pada infrastruktur IT. Bisnis bisa mendapatkan visibilitas dengan mengimplementasikan solusi log management.

Salah satu solusi log management yang bisa digunakan adalah ELK Stack, sebuah solusi berbasis open source yang dapat mencatat log dari seluruh perangkat yang ada di infrastruktur IT secara real-time. Adapun ELK Stack terdiri dari empat komponen berbeda, yaitu:

  1. Beats, shipping agent yang berfungsi untuk mengirimkan data log ke dalam Logstash.
  2. Logstash, tool yang digunakan untuk mengumpulkan dan mem-parsing log data, serta membuat indeks log yang disimpan pada Elasticsearch.
  3. Elasticsearch, search dan analytics engine berbasis Apache Lucene yang bersifat open source.
  4. Kibana, web interface yang dapat memvisualisasikan data dari Elasticsearch dalam beragam bentuk grafik.

Keempat komponen di atas saling bekerjasama untuk memonitor dan mengamankan infrastruktur IT secara real-time. Berikut adalah diagram yang menggambarkan cara kerja dari ELK Stack:

Melihat diagram di atas dapat disimpulkan bahwa log dari seluruh perangkat yang ada di infrastruktur IT dikumpulkan oleh Filebeat untuk dikirim ke Logstash. Kemudian, Logstash akan memproses dan mengindeks log ke Elasticsearch agar dapat dicari oleh user dan dapat divisualisasikan melalui Kibana. Untuk memvisualisasikan log (data), user wajib mengklik tab ‘Create Visualizations’. Setelahnya, ada beberapa tipe visualisasi ataupun grafik yang dapat dipilih, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Untuk menampilkan seluruh grafik dan visualisasi yang telah dibuat, Anda dapat menggunakan fitur dashboard pada ELK Stack. Dengan demikian, Anda dapat menambahkan ataupun membuat visualisasi baru dengan mudah, seperti yang terlihat di bawah ini:

Read Also :  Tahukah Anda Bagaimana Mengkonversi Virtual Disk Thick ke Thin Provisioning?

Bagi bisnis di Indonesia, solusi log management ELK Stack bisa didapatkan melalui i3, salah satu IT expert di bidang open source yang telah ditunjuk oleh Elastic NV sebagai authorized partner. Staf kami dapat membantu Anda mengimplementasi dan mengelola ELK stack dengan tepat. Dengan demikian, memastikan infrastruktur IT yang aman dan lancar.

Tentang i3

PT. Inovasi Informatika Indonesia (i3) dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi dan layanan TI yang berfokus pada Open Source, Security, Big Data dan Cloud bagi bisnis. i3 menyediakan layanan TI yang komprehensif, meliputi konsultasi, migrasi dan implementasi, pelatihan, troubleshooting, dan managed services. Untuk informasi lebih lanjut perihal layanan dan solusi yang ditawarkan, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id.