Seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat, bisnis dituntut untuk bisa mengembangkan aplikasi dan layanan yang aman, selalu tersedia, dan berkinerja tinggi secara cepat serta efisien. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah Red Hat Enterprise Linux, sebuah platform pengembangan aplikasi secara on-premise maupun cloud yang dilengkapi berbagai fitur, seperti container Linux dan cloud hybrid hingga DevOps dan Artificial intelligence (AI).

Namun, perlu diingat bahwa bertambahnya jumlah data serta aplikasi yang dikembangkan membuat para administrator kesulitan memonitor dan memiliki visibilitas penuh terhadap infrastruktur IT yang ada. Hal ini akan menyulitkan mereka untuk mengidentifikasi masalah maupun bottleneck yang mungkin muncul. Menyadari hal tersebut, Red Hat sudah merilis Red Hat Insights.

Apa itu Red Hat Insights?

Red Hat Insights merupakan aplikasi Software as a Service (SaaS) yang dapat memberikan analisis mendalam terkait infrastruktur Red Hat yang dimiliki. Dengan demikian, Red Hat Insights membantu bisnis dalam mengidentifikasi ancaman maupun masalah yang dapat berdampak pada keamanan serta kinerja secara proaktif dan real-time. Solusi ini akan menganalisa seluruh infrastruktur IT yang ada, baik on-premise,virtual, ataupun cloud agar bisnis bisa mendapatkan intelligence yang bermanfaat untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. Tentunya, solusi ini bisa diimplementasikan dalam hitungan menit tanpa adanya infrastruktur tambahan untuk mengelolanya.

Baca Juga :
Mempersiapkan Private Cloud dan Hybrid IT Menggunakan Red Hat Cloud Infrastructur

Red Hat Insights hadir dengan beberapa keunggulan yang bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Analitik Secara Operasional untuk Menurunkan Biaya Bisnis
    Sistem dan infrastruktur IT yang dimiliki akan dianalisa secara berkelanjutan dengan Red Hat Knowledgebase. Hal ini membantu bisnis untuk memonitor keadaan ataupun kesehatan lingkungan IT setiap saat, sehingga aksi corrective dapat dilakukan sebelum masalah berdampak pada operasional bisnis. Salah satu contohnya adalah kerentanan keamanan.
  • Memberikan Bimbingan Terpercaya untuk Mengurangi Waktu Troubleshooting dan Meningkatkan Efisiensi.
    Red Hat Insights telah terbukti memberikan cara, resolusi, serta insight untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul di lingkungan IT. Hal ini akan menghemat waktu dalam keperluan troubleshooting dan meningkatkan efisiensi maupun kestabilan lingkungan  IT yang dimiliki. Salah satu contohnya adalah saat mendeploy hardware baru.
  • Bisa Customize Solusi Sesuai Kebutuhan

Red Hat Insights akan melakukan asesmen risiko secara real-time, sehingga remediasi dapat dijalankan sesuai kebutuhan lingkungan IT bisnis. Dengan demikian, memungkinkan bisnis untuk mengatasi dan merespon ancaman secara efektif. Salah satu kegunaannya adalah saat mengkonfigurasi storage.

Baca Juga :
Mudah Kelola Lingkungan Multi-Cloud Bisnis dengan Avvan

Spesifikasi Teknis Red Hat Insights

Red Hat Insights dibangun menggunakan dua komponen berbeda, yaitu:

  1. Red Hat Insights Engine
    Red Hat Insight Engine diisi dengan ilmu teknis dan expertise produk secara mendalam. Ilmu tersebut pastinya akan selalu ditambahkan dengan dokumentasi teknis dan solusi yang beragam. Menggunakan berbagai ilmu yang tersimpan, Red Hat Insights bisa membuat aturan baru untuk para pengguna sesuai dengan konteks kebutuhan ataupun environment yang dimiliki.
  2. Red Hat Insights Client
    Untuk keperluan analisis, Red Hat Insights Client akan mengumpulkan informasi yang tersedia dalam support case. Pengumpulan data dilakukan menggunakan protokol keamanan yang langsung dihapus saat upload selanjutnya atau saat sistem dihilangkan. Untuk memastikan keamanan dan privasi, tak ada data sistem historis yang tersimpan.

Keduanya mendukung dan memungkinkan Red Hat Insights untuk beroperasi. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. Red Hat Insights Client mengumpulkan data yang diperlukan untuk prescriptive analytic. Setelahnya, konten akan dianonimkan.
  2. Red Hat Insights Client akan meng-upload data ke engine menggunakan koneksi yang aman.
  3. Red Hat Insights Engine akan memproses dan menghasilkan hasil yang customized sesuai dengan kebutuhan bisnis serta rekomendasi.
  4. Hasil yang ada akan terlihat pada Red Hat Customer Portal, Red Hat Satellite, ataupun Red Hat CloudForms.

Memiliki visibilitas terhadap infrastruktur IT yang Anda miliki sangatlah krusial untuk dapat mengatasi permasalahan yang mungkin muncul secara cepat dan efektif. Hadirnya Red Hat Insights yang membawa banyak keunggulan bisa menjadi solusi yang tepat, khususnya bagi pengguna Red Hat Enterprise Linux). Sebagai mitra resmi Red Hat di Indonesia, kami berkomitmen untuk membantu bisnis memanfaatkan solusi Red Hat secara tepat. Tim kami yang profesional siap membimbing Anda dalam setiap proses, mulai dari konsultasi hingga support. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi info@i-3.co.id.

Ingin mendalami Red Hat Enterprise Linux langsung dari ahlinya? Bersama i3, Anda dapat mengikuti Training Red Hat System Administration yang dibawakan langsung oleh expert dari i3

Untuk info lebih lengkap mengenai training yang tersedia di i3, Anda dapat menghubungi langsung tim sales kami melalui halaman Contact Us.