Sudahkah perusahaan anda berpikir tentang Business Continuity dan Disaster Recovery?

Business Continuity (BC) adalah taktik dan strategi dari sebuah organisasi dalam merencanakan dan merespon suatu insiden dan gangguan bisnis dengan tujuan untuk melanjutkan operasi bisnis yang ada, Business Continuity juga merupakan hal yang paling banyak dicari dan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar akhik-akhir ini, terutama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan zero downtime seperti perusahaan perbankan atau e-commerce.

Disaster Recovery (DR) adalah proses, aturan, dan prosedur untuk mempersiapkan recovery dan kontinuasi dari infrastruktur teknologi, sistem, dan aplikasi yang vital untuk sebuah organisasi setelah terjadi sebuah bencana atau kerusakan.

Sebuah BC/DR yang efektif dapat meminimalisir kerusakan dari kejadian yang merusak atau mengacaukan sistem (seperti bencana alam), hal ini menjaga setidaknya fungsi bisnis yang kritikal bisa tetap berjalan meski bencana berlangsung.

2 dari 5 perusahaan masih tidak memiliki dokumen rencana Disaster Recovery dan hanya 40% perusahaan yang melakukan tes terhadap rencana DR mereka sekali dalam setahun, 54% dari perusahan melaporkan bahwa mereka mengalami downtime yang berlangsung lebih dari 8 jam dalam 5 tahun terakhir, 75% dari seluruh downtime yang dilaporkan adalah disebabkan oleh kehabisan daya. Hardware dan human error merangkak ke posisi tiga teratas, serta 1 dari 3 perusahaan melaporkan adanya serangan virus atau malware. (Sumber: EC-Council)

Akibat dari kegagalan atau tidak ada pengimplementasian BC/DR:

  • Gangguan Bisnis
  • Kerugian Finansial
  • Reputasi
  • Kerusakan atau Kematian
  • Moral dan Kepercayaan dari Pelanggan dan Pegawai
  • Kerugian Produktivitas

Pertanyaan dari semua orang saat ini adalah: “Dapatkah perusahaan saya terkena serangan cyberattack?” jawabannya adalah Ya, tidak peduli seberapa besar skala atau industri apa perusahaan anda beroperasi. Ada beberapa hal-hal yang bisa diperhatikan untuk mempersiapkan perusahan dari krisis seperti ini, karena pencegahan membuat perusahaan anda kuat.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjamin Bussiness Continuity dan Disaster Recovery?

Jawaban yang paling mudah adalah dengan mensertifikasikan pegawai perusahaan yang bersangkutan atau dengan menghubungi konsultan IT yang sudah terbiasa menerapkan BC/DR.

Berikut merupakan contoh sertifikasi yang cukup bagus dalam membahas BC/DR:

Promo EC-Council EDRPv3 (launching versi terbaru, training+sertifikasi dengan harga spesial). Early Bird hingga 17 Juli 2017. Sebanyak 7 peserta akan mendapat cashback 50%, dan peserta ke 8-15, berpotensi mendapatkan cash back 10%.

Pembayaran maksimum 14 hari setelah training. Bila pembayaran lebih dari waktu tersebut, promo tidak berlaku.