Red Hat Satellite merupakan sebuah solusi sistem manajemen infrastruktur dari Red Hat yang memungkinkan para penggunanya dalam mengatur keberlangsungan kinerja seluruh sistem Red Hat dan infrastruktur yang dikelola baik secara fisikal, virtual, maupun cloud agar dapat bekerja secara efisien, aman, dan memenuhi berbagai standar yang ada.

Saat ini, Red Hat Satellite memiliki beberapa fitur yang telah diperbarui, di antaranya adalah:

  1. Mendukung Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi 8, sehingga RHEL 8 dapat di provisioning dan di patch sama seperti versi sebelumnya. Untuk mengimbangi fitur RHEL 8 yang memiliki Application Streams (AppStreams), Red Hat Satellite juga menyediakan AppStream yang disebut “Module Streams”.

  2. Fitur keamanan role admin. Dengan role admin yang ada pada Red Hat Satellite saat ini, pengguna Satellite tidak hanya dapat memisahkan kemampuan untuk mengelola infrastruktur Red Hat dengan kemampuan mengelola beberapa host yang ada di Satellite, tapi juga memungkinkan pengguna untuk mengelola infrastruktur Satellite dan membuat organisasi baru tanpa harus mengelola host itu sendiri.

  3. Menyediakan engine reporting. Fitur ini memungkinkan pengguna Satellite untuk membuat laporan yang dapat di ekspor ke dalam bentuk CSV. Laporan ini mencangkup rincian mengenai status host dari klien Satellite, host yang ter-registrasi ke dalam Satellite, subscription dari host yang ter-registrasi, applicable dan lain-lainnya.

Dengan hadirnya Red Hat Satellite versi terbaru dengan fitur-fiturnya yang telah diupgrade, tentunya dapat mempermudah pengguna dalam mengelola infrastruktur TI mereka khususnya infrastruktur Red Hat. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Red Hat Satellite ini, i3 telah merangkum hasil sesi tanya jawab mengenai bagaimana cara memusatkan manajemen patch dengan Red Hat Satellite bersama Dirga Candra Prasetyo sebagai konsultan dari i3 pada 21 Februari 2020 lalu yang diikuti oleh para customer dari i3.

Q & A

Q: Apakah bisa jika kita ingin mengelola distro selain Red Hat?

A: Tentu saja bisa, karena kami sudah mengimplementasi distro lain seperti Centos dan Ubuntu.

Q: Adakah gambaran cara kerja Red Hat Satellite yang mudah untuk dipahami?

A: Gambar berikut merupakan topologi dari Red Hat Satellite di mana dapat dilihat Red Hat Satellite akan melakukan sinkronisasi dari CDN Red Hat, kemudian klien-klien dari Red Hat Satellite yang sudah melakukan registrasi hanya perlu mengakses Red Hat Satellite untuk mendapatkan paket-paket dari repository Red Hat. Klien-klien tersebut tidak membutuhkan akses Internet untuk mengakses repository Red Hat, tetapi mereka akan tetap mendapatkan update secara berkala.

Q: Jadi singkatnya klien akan memiliki repository lokal dari Red Hat untuk kemudian mereka menerima paket update yum ke server Red Hat Satellite? Kemudian bagaimana untuk lisensi Red Hat Satellite itu sendiri?

A: Ya, betul, singkatnya seperti itu. Untuk lisensi Red Hat Satellite, jika Anda ingin mengimplementasi Red Hat Satellite, maka Anda memerlukan satu subscription Satellite. Sedangkan untuk kliennya, masing-masing klien harus mempunyai subscription Red Hat.

Q: Apakah saya perlu menambahkan agent di server RHEL agar server dapat terintegrasi dengan Red Hat Satellite?

A: Tidak perlu, karena dari agent yang ada di Red Hat Satellite dapat digunakan untuk mengambil informasi yang bisa digunakan untuk menentukan patch apa yang cocok untuk server tersebut.

Q: Bisakah jika klien ingin menginstal paket yang tidak tersedia di repository Red Hat? Bagaimana caranya?

A: Untuk penambahan paket repository pada Red Hat tentu bisa dilakukan dengan metode yang kami sebut custom repository di Red Hat Satellite dan paket repository tersebut tetap akan ditampung pada Red Hat Satellite.

Tentang i3

PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) dikenal sebagai perusahaan penyedia solusi dan layanan TI yang berfokus pada Open

PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) menawarkan jasa IT service di 7 solutions: Infrastructure, Middleware, DevOps, Cyber Security, Application Integration, Data Management, dan Cloud.

Selain itu, i3 juga membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti ECCouncil, Red Hat, Oracle, dan VMWare. Semua training dan service ditangani oleh instruktur dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan TI, Anda dapat menghubungi kami melalui info@i-3.co.id