Sebuah system harus lah dikelola oleh system administrator yang kredibel, dimana selain mampu melakukan konfigurasi juga harus bisa melakukan troubleshoot saat terjadinya insiden pada sistem yang dikelolanya. Namun pada era sekarang ini banyak dari system administrator yang kurang pengetahuan dan pengalaman dalam menangani insiden yang lebih kompleks. Hal ini tentunya berdampak pada system tersebut, salah satunya pada tingkat efisiensinya dikarenakan penanganan yang kurang tepat oleh system administrator.

Tentang RHCE

Menghadapi problematika di atas, Red Hat menawarkan solusi dengan menyediakan Red Hat Certified Engineer (RHCE), di mana seorang system administrator mendapatkan pengetahuan yang lebih kompleks dan pembuktian berupa sertifikat RHCE.

Seorang system administrator bisa mendapatkan sertifikat RHCE setelah terlebih dahulu mendapat sertifikat Red Hat Certified System Administrator (RHCSA) dan disarankan mengikuti kelas Red Hat Enterprise Linux System Administration III, karena banyak sekali lab–lab yang sangat berguna kedepannya bagi system administrator. Course pada Red Hat Enterprise Linux System Administration III memang dirancang untuk system administrator yang membutuhkan pengetahuan yang lebih komplek terkait system kususnya pada system Red Hat Enterprise Linux.

Materi yang Perlu Dipelajari

Pada course Red Hat Enterprise Linux System Administration III akan mempelajari hal–hal berikut:

  • Melakukan manage dan troubleshoot systemd services
  • Konfigurasi jaringan dan troubleshoot
  • Melakukan manage local storage, membuat dan menggunakan file systems
  • Firewall management menggunakan firewall
  • Melakukan manage konfigurasi pada Selinux
  • Menggunakan NFS dan Samba sebagai media file sharing
  • Konfigurasi pada iSCSI initiator dan target
  • Troubleshoot pada DNS dan caching name server
  • Apache HTTPD web server management
  • Konfigurasi MariaDB SQL database
  • Postfix Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) nullclient pada servers
  • Bash scripting

Beberapa materi diatas yang nantinya dibahas saat di kelas maupun ujian sertifikasi RHCE dan kedepannya diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks terkait system pada Red Hat Enterprise Linux. Dengan mengikuti sertifikasi RHCE, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat RHCE yang merupakan sertifikat lanjutan dari Red Hat Certified System Administrator.

i3 membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, Red Hat, dan VMware.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Untuk info lebih lengkap mengenai training yang tersedia di i3, Anda dapat menghubungi langsung tim sales kami melalui halaman
Contact Us.