Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mendisrupsi jalannya operasional bisnis, mengingat ditetapkannya Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus COVID-19.

Maka dari itu, bisnis dituntut untuk mencari solusi agar dapat tetap beroperasi secara efisien dan pengkolaborasian antara pekerja dalam mengembangkan aplikasi maupun sistem, dapat tetap terlaksana secara efektif di tengah pandemi yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Open Source sebagai Solusi Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Salah satu solusi yang bisa dipilih ialah dengan memigrasikan infrastruktur IT yang dimiliki ke platform berbasis open source. Mayoritas open source dan fitur pendukungnya bisa didapatkan secara gratis yang tentunya akan membantu bisnis Anda menghemat pengeluaran selama wabah ini berlangsung.

Keuntungan lain dari open source adalah tidak menganut vendor lock in, dimana hal ini berarti open source dapat diintegrasikan dengan brand manapun yang sesuai dengan budget bisnis Anda saat ini.

Mengapa Menggunakan open Source

Selain menghemat biaya bisnis, mengadopsi open source juga bisa membantu bisnis berinovasi serta meningkatkan pengembangan dan kinerja-nya. Hal ini dikarenakan oleh tiga hal, yaitu:

  1. Source code yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mempercepat inovasi.
  2. Adanya komunitas developer yang siap membantu dalam pengembangannya.
  3. Pengintegrasian antara open source yang ada untuk meningkatkan kinerja.

Dengan semua keunggulan di atas, maka tak heran apabila angka migrasi ke open source kian meningkat. Namun, perlu diingat bahwa memigrasikan IT bisnis ke open source bukanlah hal mudah, dibutuhkan expertise yang mendalam agar proses migrasi dan implementasi tidak mendisrupsi jalannya bisnis. Maka dari itu, perlu adanya IT partner yang memang berpengalaman di bidang open source agar migrasi Anda berjalan lancar.

Sebagai salah satu IT expert di bidang open source, i3 siap membantu Anda memanfaatkan keunggulan dari open source. Walaupun adanya aturan physical distancing, kami tetap berkomitmen melayani Anda via video-conferencing dan menjalankan migrasi maupun maintenance secara jarak jauh. Dengan demikian, Anda bisa merasakan manfaat dari infrastruktur IT berbasis open source sekarang juga.