Pernahkah anda dengan tidak sengaja menghapus table dari database oracle di kantor ataupun lab virtual pribadi? Hal ini akan menjadi lebih fatal jika table yang terhapus adalah table kritikal yang bisa membuat anda kehilangan pekerjaan sebagai seorang DBA/Developer.

Dari hasil riset, hampir lebih dari 50% DBA pernah melakukannya. Pertanyaan yang sering muncul adalah “Apakah table yang terhapus itu bisa kembali? Jika bisa, bagaimana cara me-recover-nya? Apa efeknya terhadap objek-objek database yang lain?

Jawabannya, YA! Anda bisa mengembalikan table yang sengaja ataupun tidak sengaja terhapus di database oracle.

Cara melakukan recover table database oracle yang terhapus bisa menggunakan fitur flashback before drop. Fitur ini menggunakan teknologi recycle bin yang bisa diaktifkan pada database oracle. Jika recycle bin parameter di-set ON, table yang terhapus tidak akan langsung dimusnahkan tetapi akan ditampung di penampungan sementara bernama recycle bin.

Penasaran? Begini caranya:

  1. Menghapus table “tableku” melalui SQLPLUS

SQL> drop table mytab;
Table dropped.

  1. Mengecek table “tableku” yang terhapus didalam recycle bin

SQL> select original_name from dba_recyclebin;
ORIGINAL_NAME
——————————–
TABLEKU

  1. Kita bisa lihat table “tableku” masih ada dan kita bisa mengembalikannya dengan command

SQL> flashback table MYTAB to before drop;
Flashback complete.

Mudah sekali bukan?

Fitur recycle bin sendiri baru ada sejak Oracle Database 10g dan sudah aktif by default. Tetapi jika sebelumnya anda pernah mematikan fitur ini dan ingin mengaktifkan kembali bisa dengan mengeksekusi command alter system set recyclebin=on scope=both.

Untuk melihat konten recycle bin secara keseluruhan bisa dengan menggunakan command:

SQL> show recyclebin;

ORIGINAL NAME    RECYCLEBIN NAME                OBJECT TYPE  DROP TIME
—————- —————————— ———— ————
TABLEKU            BIN$D3XWKKUCQVq2EG8/vkjNDw==$0 TABLE        2013-05-30

Recycle bin bisa anda kosongkan manual dengan command:

SQL>  purge recyclebin;
Recyclebin purged.

Semoga bermanfaat.

Read Also :  Database PostgreSQL Error, FATAL: Could Not Receive Data From WAL Stream: ERROR Request WAL Segment Has Already Been Removed, Berikut Cara Untuk Mengatasi Masalah Tersebut.

Note: Tips dan trik serta best practices tentang Oracle Database bisa kamu pelajari di Training Oracle Database 11g Administration Workshop 1 yang diselenggarakan oleh i3.

Inovasi Informatika Indonesia (i3) membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.
Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.
Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id

(Mohammad Yoga Rimaldo)