PostgreSQL adalah sebuah sistem database relasional objek, dan merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. Walaupun dikembangkan secara open-source, namun ia mendukung sebagian besar standar Structured Query Language (SQL)

SQL terdiri dari Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Control Language (DCL), dan Transaction Control Language. Commit, Rollback dan Save Point di PostgreSQL adalah 3 contoh Query dari Transaction Control Language (TCL) yang umum digunakan oleh DBA Developer dalam memanage sistem database.

Baca Juga :
PostgreSQL Dinobatkan Sebagai Solusi Manajemen Database Terbaik

Commit, Rollback dan Save Point merupakan fungsi yang digunakan untuk melakukan restore data ke kondisi awal sebelum dilakukan perubahan data. Berikut adalah basic demonstrasi dari Commit, Rollback dan Save Point di PostgreSQL:

Dengan menggunakan COMMIT, kita dapat mengakhiri semua transaksi dan menjadikannya sebagai perubahan permanen.

Commit

Dengan menggunakan ROLLBACK, kita bisa melompat ke keadaan terakhir dari sebuah transaksi yang telah di-commit sehingga update query berikut tidak akan tercatat di dalam transaksi.

Rollback Query

Selain melompat ke commit terakhir dari sebuah transaction, Rollback juga dapat digunakan melompat ke suatu titik tertentu yang didefinisikan didalam Savepoint. Savepoint menetapkan savepoint baru dalam transaksi saat ini. Sebuah savepoint adalah tanda khusus di dalam transaksi yang memungkinkan semua perintah yang dijalankan setelah dibuat untuk di Rollback, mengembalikan status transaksi ke keadaan pada saat savepoint. Savepoint hanya bisa terbentuk saat berada di dalam blok transaksi. Ada beberapa savepoint yang dapat didefinisikan di dalam transaksi.

SavePoint Query

Rollback to SavePoint Query. Dengan menggunakan Query berikut maka update query dibawah tidak akan tercatat di dalam transaksi.

Berikut adalah hasil akhir isi dari table Pegawai dimana kolom empid 2 dan 5 tidak terupdate karena Query Rollback.

Baca Juga :
Cara Mudah Ganti Password Root di Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 7

Demikian contoh-contoh demonstrasi dasar dari Commit, Rollback dan Save Point pada PostgreSQL. Ingin belajar lebih lanjut tentang tips dan trik berkaitan dengan PostgreSQL? Anda bisa mengikuti PostgreSQL Complete Administration Training yang disediakan oleh i3.

Untuk info lebih lengkap mengenai training yang tersedia di i3, Anda dapat menghubungi langsung tim sales kami melalui halaman Contact Us.