Anda mungkin menggunakan Oracle Datapump Export (EXPDP) dan Import (IMPDP) untuk logical backup object atau schema bahkan full database, ketika ingin melakukan migrasi database antar platform.

Berikut ini beberapa tips penting dan berguna untuk Anda yang bisa digunakan di Oracle Database 11g R1 :

1) Cara menjalankan expdp as sysdba

Ada dua cara menjalankannya menggunakan sysdba. Baik dengan memberikan pilihan pada command line, atau memberikan pilihan ketika ia meminta username. Perhatikan karakter escape pada command line

  1. i) expdp \”/ as sysdba\” parfile=myparfile.lst
  2. ii) expdp parfile=myparfile.lst

Export: Release 11.1.0.7.0 – 64bit Production on Thursday, 15 May, 2016 14:11:57
Copyright (c) 2003, 2007, Oracle. All rights reserved.

Username: / as sysdba

2) Cara Menggunakan nohup

nohup bisa menjalankan perintah sistem operasi di background process. Proses ini tidak akan dihentikan bahkan jika user dari sistem operasi (os) logged out. Menggunakan nohup untuk expdp menghasilkan error kecuali menggunakan parfile (file parameter).

Berikut adalah contoh penggunaan nohup untuk melakukan full database export dengan parfile option.

Parfile (fulldbexport.par) berisikan konten:

dumpfile=DATA_PUMP_DIR:mydb_full_%U.dmp
LOGFILE=DATA_PUMP_DIR:mydb_full_dump.log
parallel=4
filesize=40G
full=Y

nohup expdp \”/ as sysdba\” parfile=fulldbexport.par &

3) Cara untuk Mengecualikan Schema

Anda dapat mengecualikan schema tertentu selama proses ekspor atau impor data. Sebagai contoh, kita ingin mengecualikan system schema, gunakan EXCLUDE=SCHEMA:”in\(‘SYSTEM’\)”.

4) Cara untuk Mengecualikan Beberapa Schema

Jika seseorang ingin mengecualikan beberapa schema selama proses ekspor atau impor, misalnya, SYSTEM dan FIN, kita harus menggunakan EXCLUDE=SCHEMA:”in\(‘SYSTEM’,’FIN’\)”.

5) Menghindari Pengisian Data di $ORACLE_HOME

Secara default, DATA_PUMP_DIR (di dba_directories view) mengarahkan ke $ORACLE_HOME/rdbms/log directory. Jika lokasi ini tidak memiliki free space yang cukup, $ORACLE_HOME bisa menjadi 100% penuh dalam kasus dump file yang besar, menyebabkan masalah pada jalannya operasi database. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa membuat symbolic link dari $ORACLE_HOME/rdbms/log ke lokasi (contoh: /lot_of_freespace) di mana lokasi ini masih memiliki banyak ruang kosong yang tersedia.

cd $ORACLE_HOME/rdbms
mv log log.old
ln -s /lot_of_freespace log

6) Menggunakan Opsi COMPRESSION untuk Mengurangi Ukuran Dump File Hasil Export

Oracle 11g memperkenalkan konsep kompresi pada dump file hasil export. Ketika Anda melakukan operasi impor, file akan otomatis decompresses (menggunakan compression algorithm; tak ada opsi tambahan yang diperlukan). Hal ini mirip dengan teknik kompresi RMAN backup yang diperkenalkan di Oracle 10g.

Opsi untuk expdp adalah COMPRESSION=ALL. Tidak dapat di implementasikan pada impdp.

Sekian beberapa tips berguna pada Oracle Datapump. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang sedang mendalami database Oracle.

i3 membantu profesional TI Indonesia dalam mencapai potensi terbaiknya. Kami menyelenggarakan pelatihan teknologi dari beberapa principal terkemuka seperti CompTIA, ECCouncil, EMC, Oracle, RedHat, dan VMware.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Untuk info lebih lengkap mengenai training yang tersedia di i3, Anda dapat menghubungi langsung tim sales kami melalui halaman Contact Us.