Tahukah anda versi teknologi vSAN baru-baru ini yang dikeluarkan oleh VMware? Pernahkah anda ingin mencoba deployment vSAN? Kalau belum, ataupun sudah pernah melakukan instalsai versi sebelumnya, maka artikel ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengetahui versi terbaru dari vsan ini.

Untuk akan membahas mengenai cara-cara untuk menginstal vSAN 6.6 berserta konfigurasi nya, sehingga dapat digunakan untuk production atau sekedar demo, kita rangkum dalam point point berikut:

  • Persyaratan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar vSAN 6.6 ini berjalan dengan baik pada environment anda:

  1. Minimal 2 server dan Setiap ESXi server anda harus mempunyai minimal 2 Disk atau lebih. Yang perlu diperhatikan lagi adalah disk untuk instalasi vsphere/esxi berbeda dengan disk yang akan digunakan untuk vSAN ini, karna vSAN butuh minimal 1 disk dedicated (HDD/SSD) untuk capacity dan 1 disk dedicated (HDD/SSD) untuk caching.
  2. External DNS Server untuk create forward and reverse DNS Record vcenter VCSA.
  3. Perhatikan versi ESXi dan vCenter server (VCSA) anda sekarang, apakah compatible dengan vSAN 6.6, ESXi dan VCSA yang didukung adalah versi 6.5.0d

Untuk vSAN 6.6 dibutuhkan vSphere 6.5.0d dengan nama file “VMware-VMvisor-Installer-201704001-5310538.x86_64.iso”. dan VCSA dengan detail VMware-VCSA-all-6.5.0-5318154.iso

Perlu diperhatikan juga:

Apabila versi esxi dan VCSA anda tidak sesuai, maka VSAN Cluster anda akan mengalami error seperti berikut:

  • vSAN – Fault Domains Error: “cannot complete file creation operation. there are currently 1 usable fault domain”
  • dan vSAN Cluster Partition error, yang berarti bahwa setiap node pada vsan cluster anda tidak dapat berkomunikasi sehingga vsan split menjadi beberapa network partinions. Seharusnya VSAN Host harus dapat berkomunikasi pada multicast dan unicast traffic

 

  • Langkah-langkah
  1. Install dan konfigurasi setiap ESXi Server yang akan menjadi node vSAN seperti standard biasanya sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain dapat ping dari jaringan local.
  2. Kemudian, install VCSA pada salah satu node ESXi seperti biasanya, namun dengan memilih opsi install pada vSAN cluster seperti tampilan berikut:

Ketika anda memilih opsi tersebut, maka setelah VCSA terinstall, maka akan terbentuk VSAN Cluster sesuai dengan data center name dan cluster name yang dimasukkan.

  1. Setelah itu, anda akan diminta untuk claim disk, baik untuk capacity VSAN dan Cache VSAN

Pada langkah kali ini, pastikan anda memilih capacity disk dengan total capacity yang paling banyak, sedangkan caching disk merupakan disk dengan ukuran capacity yang kecil, namun disarankan type nya SSD. Kemudian untuk mengurangi pemakaian disk ketika pertama kali instalasi, centang enable thin provisioned disk, sehingga pemakaian VSAN capacity anda nanti sesuai pemakaian dan juga enabled deduplication and compression.

  1. Kemudian, masukan IP Address, fqdn yang sudah terdaftar di DNS Server, gateway, seperti tampilan berikut:

Pastikan anda telah create forward dan reverse DNS Record, kalau tidak, maka ketika proses instalasi akan gagal dan harus mulai dari awal lagi.

  1. Tunggu sesaat, jika konfigurasi anda benar, maka VCSA akan berhasil terinstall pada VSAN Cluster

  1. Setelah berhasil install VCSA, jangan lupa install PSC Seperti biasa.
  2. Kemudian, pada tampilan vsphere web client, akan secara otomatis terbentuk Datacenetr dan cluster VSAN dengan satu node

  1. Pastikan disk grup untuk node tersebut sudah memiliki disk group, dengan klik VSAN Cluster -> Configure -> VSAN Disk Management, seperti tampilan berikut:

9. Setelah running VCSA pada VSAN Cluster, kemudian anda bisa menambahkan node-node yang lain ke VSAN Enabled Cluster.

10. Setelah itu, Claim disk manually padatiap tiap ESXi dengan cara berikut: klik VSAN Cluster -> Configure -> VSAN Disk Management. Kemudian pilih claim disk dengan minimal 1 capacity dan 1 caching tiap node, sehingga menjadi seperti berikut:

11. Kemudian, buatlah vmkernel port group untuk VSAN Network pada vSwitch yang baru (vSwitch1) pada tiap tiap host dengan menggunakan nama vmk portgroup yang sama di tiap host. atau lebih baik jika anda menggunakan vds untuk mempercepat pengerjaan ini, terutama untuk node yang banyak.

12. Setelah itu, buat juga vmkernel port group untuk traffic VMotion dengan cara yang sama dengan sebelumnya, namun pastikan memilih Default TCP/IP Stack.

13. Dan kemudian, pastikan MTU Size untuk masing-masing vmkernel port group sama, lebih disarankan menggunakan jumboframes agar dapat mengangkut packet data dalam jumlah besar.

Jika anda lupa atau tidak konfigur point 11, 12 diatas, maka VSAN akan mengeluarkan error sperti berikut ketika di test:

Failed – vMotion: Basic (unicast) connectivity check

Failed – vMotion: MTU check (ping with large packet size)

Namun jika sudah dikonfigurasi, maka VSAN Cluster anda siap untuk dicoba.

 

  • Testing VSAN

Testing VSAN ini digunakan untuk melihat VSAN Health dan Proactive Test apakah VSAN siap digunakan, dengan cara klik pada VSAN Cluster anda dan -> Monitor -> Virtual SAN -> Health -> dan klik Tombol Test

Kalau sudah demikian dan tidak ada error notif, maka VSAN anda sudah benar dikonfigurasi, dan langkah selanjutnya adalah Proactive test untuk simulasi penggunaan VSAN sebelum benar-benar digunakan, dengan klik Proactive Test yang ada dibawah Health tadi.

Kemudian pilih salah satu test berikut:

Dan klik tombol running, untuk mulai test, VSAN anda akan benar benar ready apabila sudah lolos semua test dan benar-benar tidak ada error pada health atau proactive test.

Semoga bermanfaat.

Inovasi Informatika Indonesia (I3) merupakan authorize partner dari VMware yang menyediakan berbagai jenis kelas training dan sertifikasi di bidang Virtualisasi, mulai dari tingkat fundamental sampai tingkat advance.

Selain sebagai tempat training IT yang banyak direkomendasikan oleh praktisi, i3 juga menawarkan jasa IT Services di 4 bidang utama keahlian: Open Source, Virtualisasi, Database, dan IT Security. Semua training dan services ditangani oleh instructor dan konsultan yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Informasi lebih lanjut tentang lengkap jadwal pelatihan dan layanan IT silahkan hubungi kami melalui info@i-3.co.id dan live chat.