Article

Respons Krisis Talenta Digital, i3 Buka Program Belajar Sambil Kerja

4 min Read

Krisis talenta digital bukanlah isu baru, tetapi kini persoalannya semakin mengkhawatirkan dibandingkan kondisi 15 tahun terakhir. Inisiatif transformasi digital yang meningkat dalam dua tahun terakhir turut mendorong kebutuhan talenta digital yang memiliki keterampilan big data, data analytics, cybersecurity, cloud computing, web developer, cyber operations, data analyst, digital marketing, graphic designer, IT perbankan, IT project management, dan smart city meroket.

Sebagai contoh, dalam enam bulan pertama di tahun 2021, lowongan pekerjaan di bidang digital marketing di LinkedIn meningkat sebesar 63 persen. Kecenderungan keahlian yang dibutuhkan sebagai spesialis digital.

Dengan latar belakang itulah PT Inovasi Informatika Indonesia (i3) membuka kesempatan bagi talenta digital Indonesia untuk mengembangkan kemampuannya melalui program magang di i3. Cek selengkapnya untuk mengetahui sejauh mana dukungan dan apa saja yang akan Anda dapatkan melalui program magang di i3?

Kebutuhan Talenta Digital untuk Percepat Transformasi Digital

kebutuhan talenta digital di indonesia

Meningkatnya kebutuhan talenta digital di Indonesia juga kerap diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam berbagai kesempatan. Menurut Johnny, Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 9 juta talenta digital dalam kurun waktu 15 tahun ke depan untuk mengakselerasi transformasi digital. Jumlah tersebut setara dengan rata-rata 600 ribu talenta digital per tahunnya.

Menurut Johnny, saat ini Indonesia sedang bergerak maju untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi baru sehingga butuh banyak talenta digital. Ketersediaan talenta digital yang berkualitas dan memadai juga bertujuan untuk mendukung salah satu Visi Indonesia 2045 menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia dan menjadi negara berpendapatan tinggi pada 2040 mendatang.

Baca Juga :
Mengenal API Manager dan Keuntungannya untuk Transformasi Digital

Indonesia Alami Krisis Talenta Digital

Untuk mencapai target yang dibutuhkan industri, saat ini Indonesia tengah berupaya “keluar” dari krisis talenta digital. Bukan tanpa alasan, tingginya laju kebutuhan talenta digital dan peluang kerja yang tersedia ternyata tidak sebanding dengan ketersediaan SDM yang berkualitas dan kompeten.

Mengutip CNBC Indonesia, darurat talenta digital terlihat saat lebih dari 50 persen CEO di kawasan Asia Pasifik kesulitan untuk merekrut SDM dengan keterampilan yang tepat.

“Pada 2030 diproyeksikan terjadi kekurangan talenta digital sebanyak 47 juta di kawasan ini (Asia Pasifik). Di level nasional, tercatat setidaknya 50 persen tenaga kerja baru memiliki keterampilan digital tingkat dasar dan menengah,” jelas Johnny.

“Sementara mereka yang memiliki keterampilan digital tingkat lanjut, merepresentasikan kurang dari 1 persen angkatan kerja kita.”

Agar tetap bisa kompetitif di kancah global, Indonesia perlu menyikapi kesenjangan ini dengan serius. Terlebih, potensi valuasi ekonomi digital di Tanah Air diproyeksi mencapai US$315,5 miliar atau sekitar Rp4.531 triliun pada 2030.

Johnny menegaskan bahwa Indonesia perlu mengedepankan optimisme dan cara berpikir visioner agar tidak melulu menjadi pasar, tetapi dapat menjadi pemain utama dalam kontestasi di level regional dan global. Dengan cara itu, menurutnya Indonesia bisa terlepas dari krisis talenta digital.

i3 Siap Dukung Pengembangan Talenta Digital di Indonesia

i3 dukung pengembangan talenta digital

Merespons ketimpangan antara kebutuhan industri dan ketersediaan talenta digital, i3 berkomitmen untuk mendukung program pengembangan SDM di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, i3 membuka peluang bagi job seeker untuk menjadi new member dalam mengembangkan kemampuannya sebagai talenta digital yang berkualitas melalui program intern.

Berpengalaman sejak 2015 dalam memberikan konsultasi, pemeliharaan preventif dan korekttif, serta program pelatihan, i3 akan menjadi wadah pengembangan talenta digital yang tepat untuk SDM di Indonesia.

Memiliki tim R&D yang berpengalaman dalam memberikan trainingdan solusi IT terbaru, i3 akan membantu Anda untuk terus tumbuh dan beradaptasi menjadi talenta digital yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar.

Baca Juga :
Cegah Potensi Serangan Siber dengan Menerapkan SIEM

Raih Kesempatan Jadi Talenta Digital Andal Bersama i3

Dapatkan kesempatan untuk menjadi talenta digital yang andal dengan mengikuti program intern bersama PT Inovasi Informatika Indonesia (i3). Saatnya kembangkan kemampuan digital Anda ke level berikutnya dengan menjadi bagian dari CTIZENSHIP, program magang di i3 selama satu tahun.

Saatnya kembangkan kemampuan Anda dengan mengikuti program pelatihan di i3 untuk menjadi talenta digital yang berkompeten dan sesuai dengan standar di lapangan. Selama mengikuti program CTIZENSHIP, Anda akan dibekali dengan pembelajaran basic IT skil yang dapat diaplikasikan dalam business tech company dan didukung dengan mentor, buddy, serta kurikulum yang sistematis.

Setelah melewati masa orientasi, Anda berkesempatan melakukan OJT dan mengerjakan tugas akhir dengan dibimbing oleh leader sebagai mentor di salah satu anak perusahaan CTI Group. Dengan begitu, Anda bukan hanya belajar, tetapi juga mendapat pengalaman terjun bekerja langsung menjadi bagian dari keluarga besar CTI Group.

Tak sampai di situ, Anda juga akan mendapatkan sertifikasi sesuai dengan peminatan yang sejalan dengan kebutuhan bisnis dan teknologi yang up to date. Menariknya, dengan menjadi bagian dari CTIZENSHIP, Anda juga mendapatkan golden ticket untuk menjadi karyawan CTI Group, lho! Selama periode intern, Anda juga akan mendapatkan uang saku.

Jadi tunggu apa lagi! Yuk, cek infonya lebih detail mengenai program CTIZENSHIP melalui https://tinyurl.com/CTIZENSHIP-i3.

Mengapa Anda Harus Berkembang Bersama i3?

Saatnya bergabung menjadi bagian dari CTI Group dengan mengikuti program CTIZENSHIP PT Inovasi Informatika Indonesia (i3). Selain mendapat kesempatan untuk belajar mengenai seluk beluk industri IT, Anda juga mendapat kesempatan untuk dibimbing langsung oleh 50+ konsultan i3 yang telah mengantongi 228 sertifikasi.

Sebagai wujud komitmen mengembangkan talenta IT berkualitas, i3 juga telah memiliki pusat R&D sendiri yang agile dan continous untuk memperkuat posisi di market dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Keseriusan i3 mengembangkan talenta digital telah membawa perusahaan mendapat pengakuan sebagai the best training partner di Indonesia.

Berdiri sejak 7 tahun silam, i3 telah menjadi penyedia layanan terpercaya dengan lebih dari 280 pelanggan perusahaan nasional. Tak hanya itu, i3 yang memiliki pengalaman panjang sebagai penyedia training juga mencatat pertumbuhan size bisnis 44% YoY dan mendapat sertifikasi ISO27001 untuk aspek security.

Kini, saatnya kami menantang Anda untuk tumbuh dan berkembang menjadi ahli IT yang siap menyongsong era cloud-native bersama i3. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim i3 melalui info@i-3.co.id.

Penulis: Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group

Table of Contents

Share this article
Scroll to Top